KEBIJAKAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT

PERATURAN DIREKTUR RUMAH SAKIT 
NOMOR : 315//Dir-SK/XII/2016
TENTANG
KEBIJAKAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT RUMAH SAKIT 
DIREKTUR RUMAH SAKIT 


MENIMBANG          : 1. Bahwa Rumah Sakit berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pasien termasuk waktu tunggu pelayanan obat.
2.  Bahwa untuk itu perlu disusun kebijakan dan peraturan tentang waktu tunggu pelayanan obat yang harus dipatuhi oleh seluruh tenaga kesehatan dan unit lain dalam memberikan pelayanan obat ke pasien.
3. Bahwa sehubungan dengan hal tersebut pada butir a dan b perlu ditetapkan dengan Surat Keputusan Direktur Rumah Sakit.

                                   
MENGINGAT          : 1. Undang-Undang RI Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit.
2. Undang-Undang RI Nomor 7 tahun 1963 tentang Farmasi.
3.  Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 72 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit.
4. Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 1197 tahun 2004 tentang Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit.


MEMUTUSKAN
MENETAPKAN :
KESATU                  : KEPUTUSAN KEBIJAKAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT DIATUR OLEH RUMAH SAKIT.
.
KEDUA                    :  Kebijakan waktu tunggu pelayanan obat sebagaimana tercantum dalam lemapiran keputusan ini.

KETIGA                   :  Pembinaan dan penetapan staf yang berwenang tentang waktu tunggu pelayanan obat dilaksanakan oleh Kepala IFRS.

KEEMPAT                : Kebijakan ini berlaku selama 3 tahun dan akan dilakukan evaluasi minimal 1 tahun sekali.

KELIMA                   : Apabila hasil evaluasi mensyaratkan adanya perubahan, maka akan dilakukakan perubahan dan perbaikan sebagaimana mestinya.





Ditetapkan di   :     Tangerang
Tanggal                        :     30 Desember 2016
RUMAH SAKIT  TANGERANG




Direktur
 
 










TEMBUSAN Yth :
1. Wadir Pelayanan Medis
2. Komite Medis
3. Seluruh Dokter di Rumah Sakit 
4. Kepala Bagian Keperawatan
5. Seluruh Kepala Ruang Keperawatan
6. Instalasi Farmasi
7. Arsip




LAMPIRAN PERATURAN DIREKTUR RUMAH SAKIT 
NOMOR                  : 315//Dir-SK/XII/2016
TANGGAL             : 30 Desember 2016



WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT

1.    Instalasi farmasi melakukan pelayanan sesuai dengan waktu tunggu yang berlaku.
2.    Waktu tunggu untuk pasien rawat inap berlaku untuk pasien yang akan pulang, waktu tunggu untuk pasien rawat jalan berlaku untuk semua pasien.
3.    Ketentuan waktu tunggu adalah sebagai berikut:
·      Resep non racikan ≤ 20 menit
·      Resep racikan ≤ 45 menit
4.    Setiap bulan apoteker penanggung jawab membuat laporan sasaran mutu waktu tunggu obat untuk rawat inap/rawat jalan. (indikator mutu terlampir)
5.    Pembinaan dan pengawasan waktu tunggu pelayanan obat dilaksanakan oleh Kepala IFRS.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEBIJAKAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT"

Posting Komentar