SPO PELAYANAN PEMERIKSAAN RADIOLOGI PASIEN ICU





SPO
PELAYANAN PEMERIKSAAN RADIOLOGI PASIEN ICU


Prosedur
Tetap
No.Pokok

No. Revisi
Halaman 1 dari 1
Tgl Terbit.



Tangerang,



Direktur                              
Pengertian
Tata cara pemberian pelayanan pemeriksaan secara radiologi bagi pasien ICU/ICCU untuk mendukung pemeriksaan pelayanan medis.
Tujuan
1.    Pedoman kerja bagi petugas radiologi
2.    Memberikan pelayanan tercepat dan terbaik
3.    Menertibkan administrasi
Kebijakan
Dalam melaksanakan tugasnya setiap petugas wajib mematuhi ketentuan dalam  K3 , sesuai (SK Direktur RS Tentang Kebijakan Pelayanan Radiologi)
Prosedur
Persiapan
1.         Pesawat rontgen dengan kV dan mAs yang disesuaikan.
2.         Kaset, film, grid, marker.
3.         Processing unit.

Tindakan
1.    Pasien dan surat permintaan pemeriksaan radiologi diantarkan bersama ke bagian radiologi oleh perawat ICU/ICCU.
2.    Petugas radiologi melihat dan membaca kembali surat permintaan pemeriksaan radiologi serta melengkapi jika ada data yang kurang jelas.
3.    Jika pasien memungkinkan untuk dilakukan pemeriksaan di ruang radiologi, maka pasien dibawa ke ruang radiologi. Dan jika pasien tidak bisa dibawa ke ruangan radiologi, maka petugas radiologi datang langsung keruangan ICU / ICCU dengan membawa serta pesawat rontgen (mobile unit).
4.    Lakukan pemeriksaan sesuai dengan permintaan pemeriksaan radiologi dan sesuai dengan standar pemeriksaan yang ada. Kondisikan pasien agar tetap merasa nyaman pada saat pemeriksaan.
5.    Setelah pemeriksaan selesai, pasien tetap menunggu di dalam ruangan pemeriksaan (jika pemeriksaan dilakukan diruangan radiologi).
6.    Petugas melakukan pencucian film di kamar gelap. Pengulangan foto harus dilakukan apabila hasil gambaran tidak sesuai dengan criteria teknik radiologi. Dengan memberikan penjelasan terlebih dahulu tentang alasan yang melatarbelakangi pengulangan foto, sehingga pasien bias lebih kooperatif (jika keadaan kooperatif).
Jika hasil gambaran bagus, petugas radiologi melengkapi administrasi pasien dengan mencatat data pasien yang diperlukan pada buku daftar pasien dan memasukkan administrasi pada komputer. Setelah semua administrasi dan foto rontgen lengkap, hasil foto diserahkan langsung kepada perawat yang mengantar untuk dipinjam basah oleh dokter pengirim.
Unit terkait
Semua unit terkait

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPO PELAYANAN PEMERIKSAAN RADIOLOGI PASIEN ICU"

Posting Komentar