SPO EVALUASI DAN PENGENDALIAN MUTU UNIT PELAYANAN FARMASI
SPO
EVALUASI DAN PENGENDALIAN MUTU UNIT PELAYANAN FARMASI
|
|||
Prosedur
Tetap
|
No.Pokok
352//Dir-SPO/XII/2016
|
No.
Revisi
|
Halaman
1 dari 2
|
Tgl
Terbit.
30
Desember 2016
|
Tangerang,
Direktur
|
||
Pengertian
|
Pengendalian
Mutu Merupakan kegiatan pengawasan, pemeliharaan dan audit terhadap
perbekalan farmasi untuk menjamin mutu, mencegah kehilangan, kadaluarsa,
rusak dan mencegah ditarik dari peredaran serta keamanannya sesuai dengan
Kesehatan, Keselamatan Kerja Rumah Sakit yang meliputi:
a.
Melaksanakan
prosedur yang menjamin keselamatan kerja dan lingkungan.
b. Melaksanakan prosedur
yang mendukung kerja tim Pengendalian Infeksi Rumah Sakit.
|
||
Tujuan
|
1. Tujuan Umum Agar setiap
pelayanan farmasi memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan dan dapat
memuaskan pelanggan.
2. Tujuan Khusus Menghilangkan kinerja pelayanan yang substandar.
3. Terciptanya pelayanan farmasi yang menjamin efektifitas obat dan keamanan
pasien.
4. Meningkatkan efesiensi pelayanan.
5. Meningkatkan mutu obat yang diproduksi di rumah sakit sesuai CPOB
(Cara Pembuatan Obat yang Baik).
6. Meningkatkan kepuasan pelanggan.
7. Menurunkan keluhan pelanggan atau unit kerja terkait..
|
||
Kebijakan
|
Surat
keputusan direktur rumah sakit nomor 335 tentang Evaluasi dan
pengendalian mutu unit pelayanan farmasi.
|
||
Prosedur
|
1.
Metode evaluasi yang dilakukan meliputi adalah:
a. Audit
(pengawasan) dilakukan terhadap proses hasil kegiatan apakah sudah sesuai
standar.
b. Review
(penilaian) terhadap pelayanan yang telah diberikan, penggunaan sumber daya, seperti
penulisan resep.
c. Survei
untuk mengukur kepuasan pasien, dilakukan dengan angket atau wawancara
langsung.
d. Obervasi
terhadap kecepatan pelayanan antrian, ketepatan penyerahan obat.
2.
Buat laporan evaluasi pengendalian mutu dan lakukan
tindak lanjut hasil evaluasi.
|
SPO
EVALUASI DAN PENGENDALIAN MUTU UNIT
PELAYANAN FARMASI
|
|||
No.Pokok
352/Dir-SPO/XII/2016
|
No. Revisi
|
Halaman 2 dari 2
|
|
Unit terkait
|
·
IFRS
·
Gudang Farmasi
·
Tim Audit
·
Direksi
|
0 Response to "SPO EVALUASI DAN PENGENDALIAN MUTU UNIT PELAYANAN FARMASI"
Posting Komentar