SPO PENYERAHAN DARAH DAN PRODUK DARAH





SPO
PENYERAHAN DARAH DAN PRODUK DARAH


Prosedur
Tetap
No.Pokok

No. Revisi
Halaman 1 dari 1
Tgl Terbit.



Tangerang,



Direktur                              
Pengertian
Penyerahan darah dan produk darah adalah menyerahkan darah dan produk darah untuk keperluan transfusi dari bank darah ke bangsal..
Tujuan
Sebagai acuan penerapan langkah – langkah untuk penyerahan darah dan produk darah
Kebijakan
Surat keputusan direktur rumah sakit
Prosedur
1. Petugas Bank darah menginformasikan ke bangsal via telphone bahwa darah yang dipesan sudah dapat diambil.
2. Perawat mengambil darah yang siap untuk transfusi ke bank darah rumah sakit
3. Petugas Bank darah melengkapi label darah dengan mengisi(no kantong,gol darah,volume,jenis komponen darah,tgl pembuatan,tgl kadaluarsa,nama pasien,no RM,ruang)
4. Petugas Bank darah mencocokkan nomor kantong pada selang darah dengan label dan stiker kantong darah semuanya harus cocok
5. Petugas Bank Darah menyiapkan tanda bukti penyerahan darah dan menuliskan nama dokter yang meminta, rumah sakit,bagian/kelas,tgl permintaan,nama pasien,no rekam medis,jml darah yg diminta,no bagian/kantong,darah diberikan tgl berapa,jenis komponennya.
6. Perawat membubuhkan tanda tangan dan nama jelas pada kolom penerima dengan sebelumnya membaca dan menyetujui yang ditulis pada tanda bukti tersebut.
7. Petugas Bank Darah mencocokkan sekali lagi mengenai identitas darah dengan identitas pasien dan tanda bukti penyerahan darah sebelum diserahkan
8. Perawat menerima darah yang sebelumnya mencocokkan lagi mengenai identitas pasien ,identitas darah ,label darah, tanda terima darah dan ditulis dibuku pengambilan darah.
9. Petugas Bank darah meminjamkan cool box ke perawat
10. Perawat menulis di buku peminjaman cool box ( no ,tgl pinjam ,nama perawat yang meminjam, nama petugas Bank
11. Perawat mengembalikan cool box ke Bank Darah setelah selesai transfusi dengan menuliskan tgl,dan jam kembali dibuku peminjaman cool box
12. Petugas bank darah menerima cool box dan membersihkannya dengan di lap menggunakan kapas alkohol 70% dan dikeringkan dengan menggunakan tissue kering.
Unit terkait
Semua unit terkait

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPO PENYERAHAN DARAH DAN PRODUK DARAH"

Posting Komentar