SPO PENGUKURAN ROM




SPO PENGUKURAN ROM


No. Dokumen


No. Revisi


Halaman 1 dari 3



STANDAR
PROSEDUR
OPERASIONAL
Tanggal Terbit


Ditetapkan,


Direktur
Pengertian
Adalah proses fisioterapi untuk menetapkan problema, mobilitas dan pembatasan lingkup gerak sendi.

Tujuan
Sebagai petunjuk dan menyeragamkan cara mengukur lingkup gerak sendi bagi fisioterapis.

Kebijakan
Pengukuran ROM sesuai dengan pedoman pelayanan unit fisioterapi.

Prosedur
1.      Prinsip metode pengukuran
1.1.   Metode pengukuran dan pencatatan yang dituliskan disini berdasarkan pada prinsip “Neutral Zero Method” seperti dikemukakan oleh Cave dan Roberts (1936)
1.2.   Dalam metode ini semua gerakan sendi diukur dari “Zero Starting Position (ZSP). Derajat gerakan sendi diukur dari posisi dalam arah gerakannya.
1.3.   Sikap lurus anggioa badan pada posisi anatomis diterima sebagai 0˚ dan bukan 180˚.
1.4.   Metode ini diharapkan akan mengatasi kesimpangsiuran di masa lalu dimana pengukuran dimulai dari berbagai posisi awal
1.5.   Gerakan daripada anggota yang diukur hendaknya dibandingkan dengan anggota yang berlawanan. Perbedaan akan terlihat dalam derajat gerakan, atau presentase kehilangan gerakan bila dibanding dengan anggota yang berlawanan yang sehat.
Bila anggota yang berlawanan tidak ada, pergerakan bisa dibandingkan dengan perkiraan gerak pada orang lain yang sepadan dalam umur dan pertumbuhan fisik. Sedang gerakan daripada tulang belakang mungkin dibandingkan orang lain yang sepadan dalam umur dan fisik.






                                                    
PENGUKURAN ROM

No. Dokumen


No. Revisi


Halaman 2 dari 2




.
1.1.   Pergerakan perlu dengan penjelasan bahwa pasif atau aktif.
1.2.   Keterangan mengenai istilah extensi dan hiperextensi, extensi digunakan pada gerakan lawan dari flexi, dimulai dari ZSP adalah gerakan natural atau normal. Gerakan ini terdapat misal pada sendi pergelangan tangan (wrist) dan sendi bahu (shoulder). Tetapi ada gerakan lawan dari flexi yang dimulai dari ZPS ini, dikatakan sebagai gerakan unnatural/tak normal, seperti pada sendi siku dan lutut. Ini disebut hiperekstensi.
1.3.   Perbatasan gerak sendi tersebut dan akan dijelaskan pada halaman berikutnya.
1.4.    Bila gerkan sendi menimbulkan nyeri maka usahakan pengukuran dikerjakan dengan perlahan dan lembut. Pengukuran akan lebih akurat apabila anggota yang diperiksa diatur dalam posisi seenak mungkin bagi penderita.
1.5.    Adanya ankilosis dianggap kehilangan gerakan secara komplit.
1.6.    Penggunaan goniometer boleh memilih sesuai dengan kebijaksanaan pemakaiannya.
1.7.    Pencatatan tentang pergerakan sendi hendaknya setepat-tepatnya dan ditulis dalam tabel secara jelas.
1.8.    Tabel perkiraan gerakan sendi normal perlu dibuat sebagai bahan pertimbangan, dan tidak mengambil salah satu saja sebagai standar

1.      Penggunaan goniometer
2.1.   goniometer hendaknya terbukti cocok untuk pengukuran gerakan sendi.
2.2.   Goniometer yang dibuat terstandar diposisikan lurus atau [osisi anggota ekstensi, dengan garis 0º terhimpit dengan 180º, serta dilengkapi dengan sepasang garis lurus sebagai dua lengan petunjuk.
2.3.   Bila tanda penunjuk untuk pengukuran pada anggota bisa dipastikan, maka penggunaan goniometer bisa dianggap akurat.
2.4.   Bila petunjuk penonjolan tulang tidak bisa ditentukan sebab terbungkus jaringan lunak yang berlebihan atau sebab-sebab


2.5.   lain, maka penggunaan goniometer bisa tidak akurat lagi.
2.6.   Penggunaan goniometer hendaknya disesuaikan dengan keadaan anggota yang diukur.
2.      Perkiraan derajat gerak sendi
3.1.   perkiraan derajat gerakan sendi tidak bisa ditentukan secara pasti, sebab luasnya variasi individu yang berbeda-beda pertumbuhan fisik dan usianya. Perkiraan berikut adalah sekedar sebagai petunjuk dan bukan sebagai standar.
3.2.   Anggota penderita yang berlawanan atau normal barangkali bisa dianggap sebagai standar normal yang terbaik. Dalam keadaan anggota yang berlawanan cedera atau bahkan tidak ada, petunjuk ini diharapkan dapat berguna.







Unit Terkait
Seluruh Fisioterapis


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPO PENGUKURAN ROM"

Posting Komentar