SPO ORIENTASI UMUM KARYAWAN BARU





SPO
ORIENTASI UMUM KARYAWAN BARU
Prosedur
Tetap
No.Pokok

No. Revisi
Halaman 1 dari 1
Tgl Terbit.




Tangerang,



Direktur                              
Pengertian
Orientasi Karyawan merupakan kegiatan pengenalan lingkungan umum
Rumah Sakit, falsafah, visi, misi, motto, tujuan, kebijakan rumah sakit,
susunan organisasi, hak dan kewajiban / peraturan dan tata kerja serta
prosedur kerja di Rumah Sakit
Tujuan
Sebagai acuan dalam penyelenggaraan orientasi baru.
Kebijakan
Surat keputusan direktur rumah sakit
Prosedur
1. Bagian pengembangan SDI mendapatkan daftar nama karyawan baru
dari personalia.
2. Bagian pengembangan SDI menjadwalkan pelaksanaan orientasi
karyawan baru selama 6 ( enam ) hari dan memberitahukan bagian
personalia untuk menginformasikan pelaksanaan orientasi ke
karyawan baru.
3. Bagian pengembangan SDI menghubungi Sekretariat untuk pemesanan
ruang pertemuan , Inst. Gizi untuk penyediaan konsumsi.
4. Bagian pengembangan SDI memberitahukan bagian personalia untuk
menginformasikan pelaksanaan orientasi karyawan baru lewat SMS/
telpon.
5. Bagian pengembangan SDI membuat surat permohonan narasumber
sesuai dengan kebutuhan materi untuk pelaksanaan orientasi
karyawan baru.
6. Pelaksanaan Orientasi Umum selama 6 hari :
– Orientasi di ruang kelas selama 3 (tiga) hari ( 1 Hari Keliling
Lapangan / Pengenalan di Unit – Unit Rumah Sakit dan 2 Hari teori
orientasi.
– Orientasi Ketrampilan untuk BLS selama 1 ( satu ) hari
– Orientasi bidang keperawatan selama 2 hari
7. Materi Orientasi karyawan baru meliputi :
– Selayang pandang YBW-SA dan RSI-SA
– Falsafah, Visi, Misi, Motto dan Tujuan Rumah Sakit 
– Susunan Organisasi, Pejabat Struktural dan Fungsional serta Tata
Kerja Rumah Sakit




















































SPO
ORIENTASI UMUM KARYAWAN BARU
No.Pokok
263/ -SPO/XII/2016
No. Revisi
Halaman 2 dari 2

. Peraturan Kepegawaian Rumah Sakit 
. Produk layanan rumah sakit
. Pelayanan Islami
. Pengendalian dan Pencegahan Infeksi
. K3
. Keselamatan Pasien
. SIM Rumah sakit.
. Pengenalan Lingkungan Rumah Sakit/ Sanitasi lingkungan
. Penanganan / tehnik . tehnik basic Life Support dalam keadaan
darurat.
. Mutu Rumah Sakit
8. Pelaksanaan orientasi karyawan baru diawali dengan pre test dan
dilanjutkan dengan pemaparan materi sesuai jadwal orientasi
9. Sebelum berakhir orientasi karyawan dilakukan post test
10. Peserta orientasi umum dinyatakan lulus dilihat dari penilaian Post
Basic Life Support ( BLS ) dan mendapatkan nilai minimal g Baik g
11. Evaluasi orientasi umum dalam bentuk penilaian kualitatif
. Amat baik = 91 -100
. Baik = 76 . 90
. Cukup = 61 . 75
. Kurang = . 60
12. Peserta orientasi umum dinyatakan tidak lulus apabila mendapatkan
nilai post test basic Life Support ( BLS ) g kurang g
13. Setelah satu hari selesainya pelaksanaan orientasi, Bagian
pengembangan SDI akan menghubungi calon karyawan untuk
mengikuti Post test Remidial maximal 3 hari dari orientasi yang telah
dilaksanakan.
14. Pengembangan staf membuat laporan orientasi dan mengevaluasi
hasil dari orientasi karyawan baru
15. Laporan Orientasi karyawan baru diserahkan ke manager Sumber Daya
Insani ( SDI ).
Unit terkait
Semua unit terkait

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPO ORIENTASI UMUM KARYAWAN BARU"

Posting Komentar