SPO ADMISI PASIEN JIKA RUANG PERAWATAN PENUH





SPO
ADMISI PASIEN JIKA RUANG PERAWATAN PENUH


Prosedur
Tetap
No.Pokok

No. Revisi
Halaman 1 dari 1
Tgl Terbit.




Tangerang,



Direktur                              
Pengertian
Kegiatan pendaftaran pasien yang akan rawat inap dengan ruang perawatan penuh di Rumah Sakit
Tujuan
Sebagai acuan langkah-langkah untuk proses admisi pasien jika ruang perawatan penuh
Kebijakan
Surat keputusan direktur rumah sakit
Prosedur
1. Dokter membuat SPM ( Surat Perintah Mondok )
2. Pasien atau keluarga pasien membawa SPM ( Surat Perintah Mondok ) ke bagian admisi.
3. Petugas admisi (pendaftaran rawat inap ) menerima Pasien / keluarga datang
4. Petugas pendaftaran meminta SPM (Surat perintah mondok / admission note) yang dibawa keluarga pasien atau pasien
5. Petugas admisi ( pendaftran rawat inap ), menanyakan kelas yang diminta pasien dan keluarga dan menjelaskan informasi tarif dan fasilitas yang dimiliki dari setiap kelas dan ruang serta menanyakan apakah umum atau menggunakan asuransi :
- Jika pasien umum, pasien boleh memilih ruangan yang sesuai dengan keinginan pasien, dan apabila pasien menghendaki ruang perawatan kelas II dan kelas III dapat ditawarkan dengan melihat kasus pasien
- Jika pasien asuransi dapat memilih kelas yang sesuai asuransi atau akan naik ke kelas ruang perawatan lain hal ini di tawarkan dahulu kepada pasien atau keluarga pasien dan petugas pendaftaran memberikan form. Permohonan naik kelas serta petugas pendaftaran mengingatkan pasien atau keluarga pasien untuk ke bagian asuransi untuk melengkapi surat jaminan syarat pasien rawat inap yang menggunakan asuransi.
6. Setelah pasien atau keluarga pasien menyetujui kelas perawatan yang akan ditempati, petugas pendaftaran menghubungi ruangan yang telah disetujui pasien atau keluarga.
7. Perawat ruangan yang dihubungi menginformasikan jika kamar yang diinginkan penuh, maka petugas pendaftaran menawarkan untuk pindah ke ruang perawatan yang sama kelasnya atau naik ke kelas ruang perawatan yang lain.
8. Jika ruang perawatan yang ditawarkan oleh petugas pendaftaran juga penuh, maka petugas pendaftaran dapat menghubungi petugas perawat supervisi untuk mencarikan ruang perawatan yang kosong dengan melihat kasusnya gawat atau tidak, bila tidak pasien dapat meninggalkan nomor telepon yang dapat dihubungi bila nanti kamar perawatan yang diinginkan sudah ada dan bila gawat pasien dapat dirujuk ke rumah sakit lain sesuai dengan proses pelaksanaan sistem rujukan
Unit terkait
Semua unit terkait

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPO ADMISI PASIEN JIKA RUANG PERAWATAN PENUH"

Posting Komentar