SPO KOMUNIKASI VIA TELEPON ANTAR PARA PEMBERI LAYANAN ( PERAWAT DAN PETUGAS LAB )






SPO
KOMUNIKASI VIA TELEPON ANTAR PARA PEMBERI LAYANAN ( PERAWAT DAN PETUGAS LAB )


Prosedur
Tetap
No.Pokok

No. Revisi
Halaman
Tgl Terbit.






Tangerang,




Direktur                               
Pengertian
Komunikasi efektif melalui telepon yang dilakukan oleh perawat untuk menanyakan hasil pemeriksaan laboratorium pada petugas laboratorium dan dicatat oleh perawat secara lengkap, akurat dan jelas
Tujuan
1. Sebagai acuan untuk melaporkan hasil pemeriksaan laboratorium klinis
2. Terjadinya kelancaran komunikasi antar perawat dan petugas laboratorium
3. Mengurangi  kesalahan / kekeliruan hasil pelaporan pemeriksaan laboratorium
4. Mengurangi keselahan / kekeliruan dalam pemberian therapi
5. Meningkatkan keselamatan pasien
6. Terpeliharanya mutu pelayanan
Kebijakan
PERMENKES NOMOR 1691 / MENKES/ PER/VIII/ 2011

Prosedur











1. Identifikasi pasien sebelum menelpon ruang laboratorium dengan mencocokkan kebenaran identitas pasien
2. Tanya nama pasien atau keluarga pasien, lihat gelang identitas, siapkan status pasien
3. Bila antara pertanyaan, gelang identifikasi dan status pasien  sudah sesuai hubungi no unit laboraturium .
4. Tekan nomor ekstensi ruang laboratorium.
5. Setelah terdengar nada sambung ucapkan salam
6. Sebutkan identitas diri/ruangan perawatan
7.Siapkan lembar status pasien
8. Sebutkan nama  / nomor rekam medis / alamat pasien yang dimaksud
9. Catat hasil laporan dari petugas laboratorium pada status pasien
10. Bacakan kembali hasil pelaporan secara lengkap,akurat dan jelas pada petugas laboratorium
11. Telpon ulang petugas laboratorium bila hasil laborat belum dikonfirmasikan ke petugas laborat.
12. Catumkan nama lengkap dan tanda tangan pelapor pada form yang disediakan.
13. Catumkan tandatangan saksi yang mendengarkan saat menanyakan hasil laboratorium ( keluarga apsien ,pasien atau perawat jaga ,dokter jaga,dokter yang merawat )
14. Ucapkan terima kasih dan salam
Unit Terkait
1. IGD
2. Ruang Rawat Inap
3. unit Czre Intensive
4. Unit Bedah Sentral
5. Unit Rawat Jalan
6. Unit Laboratoriun

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPO KOMUNIKASI VIA TELEPON ANTAR PARA PEMBERI LAYANAN ( PERAWAT DAN PETUGAS LAB )"

Posting Komentar