SPO KOMUNIKASI VIA TELEPON





                                            SPO
                  KOMUNIKASI VIA TELEPON



Prosedur
Tetap
No.Pokok

No. Revisi
Halaman
Tgl Terbit.






Tangerang,




Direktur                              
Pengertian
 Komunikasi efektif melalui telepon yang dilakukan oleh perawat untuk melaporkan segala bentuk keluhan , keadaan dan permasalahn pasien kepada dokter yang merawat secara tepat waktu, lengkap , akurat, jelas dan dipahami oleh kedua belah pihak
Tujuan
1. Untuk menjalin kerjasama dokter dan perawat .
2. Mengurangi kesalahan dan menghasilkan peningkatan keselamatan pasien
3. Meningkatkan  mutu pelayanan keperawatan
Kebijakan
PERMENKES NOMOR 1691/MENKES / PER/VIII/2011
Prosedur











1. Identifikasi pasien secara langsung dengan tanya nama pasien atau keluarga bila pasien tidak sadar, melihat gelang identifikasi dan siapkan status pasien
2. Verifikasi identifikasi pasien sesuai antara gelang pasien, status pasien dan nama pasien, siapkan lembar konsul pertelepon
3. Tekan nomor ekstensi dokter yang merawat pasien
4. Setelah terdengar nada sambung ucapkan salam
5. Laporkan identitas pasien meliputi nama, jenis kelamin ,umur, keluhan.
Hasil pemeriksaan dan pengamatan serta obat- obatan bila ada
6. Tanyakan tindak lanjut pengobatan kepada dokter yang merawat
7. Catat secara lengkap perintah dari dokter yang merawat pada form yang telah disediakan .
8. Konfirmasi apa yang sudah dituliskan dan bacakan ulang kepada pemberi perintah ( dokter)
9. Eja ulang obat- obat yang diberikan secara perlahan –perlahan terutama untuk obat –obatan yang termasuk dalam golongan NORUM ( nama obat  rupa obat mirip ) , untuk konsultasi pertelepon yang nama obat mirip , blangko terlampir untuk obat- obat yang nama mirip
10. Cantum tanda cawang pada kolom membaca ulang isi laporan bila sudah dibacakan ulang
11. Telepon ulang pemberi perintah bila laporan belum dibacakan ulang, dan konfirmasi ulang isi perintah
12. Cantumkan nama lengkap dan tanda tangan pelapor pada form yang telah disediakan .
13. Cantumkan tandatangan saksi yang ikut mendengarkan saat menelepon  dokter ( bisa keluarga pasien, perawat jaga, pasien sendiri, dokter jaga )
14. Ucapkan terima kasih dan salam
15. Mintakan  tanda tangan  saat dokter visite



Unit Terkait
1. UGD
2.Ruang Rawat Inap
3. Unit bedah
4.Unit Care Intensive
5.Unit Rawat Jalan
6.Unit penungjang medik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " SPO KOMUNIKASI VIA TELEPON"

Posting Komentar