SPO PEMBERIAN EDUKASI PADA PASIEN YANG PULANG ATAS PERMINTAAN SENDIRI





SPO
PEMBERIAN EDUKASI PADA PASIEN YANG PULANG ATAS PERMINTAAN SENDIRI


Prosedur
Tetap
No.Pokok

No. Revisi
Halaman 1 dari 1
Tgl Terbit.



Tangerang,



Direktur                              
Pengertian
Adalah suatu proses pemberian edukasi dan penjelasan terkait kebutuhan pasien pulang atas permintaan sendiri atau mengakhiri masa perawatan diruang perawatan rumah sakit.
Tujuan
Sebagai acuan petugas dalam memberikan pendidikan kesehatan kepada pasien terkait kebutuhan pasien pulang atas permintaan sendiri atau mengakhiri masa perawatan di rumah sakit dengan baik dan benar
Kebijakan
Surat keputusan direktur rumah sakit
Prosedur
1. Setelah pasien menyatakan keinginannya untuk tetap pulang atas permintaan sendiri dan belum mendapat ijin dari dokter yang merawat, maka perawat akan memberikan penjelasan terkait sakit dan kebutuhan pasien.
2. Perawat memberikan edukasi terkait resiko yang mungkin terjadi karena perawatan yang belum paripurna.
3. Perawat menanyakan kepada pasien dan keluarga apakah penjelasan perawat terkait resiko yang mungkin terjadi sudah dipahami sepenuhnya oleh pasien dan atau keluarga.
4. Perawat menanyakan adakah dokter pribadi/ pelayanan kesehatan lain tujuan pasien yang bisa dihubungi terkait tindak lanjut atau kontinuitas pelayanan sesuai kebutuhan pasien.
5. Jika pasien mempunyai dokter pribadi/ pelayanan kesehatan lain, maka perawat menghubungi dan menyampaikan maksud pasien pulang atas permintaan sendiri dan mohon untuk dapat memberikan pelayanan berkelanjutan saat pasien kembali di rumah/ pindah ke pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan pasien.
6. Jika pasien tidak mempunyai dokter pribadi dan jauh dari pelayanan kesehatan lain, maka perawat menyampaikan jika terjadi sesuatu terkait sakit dan kebutuhannya dalam perawatan dapat kembali ke rumah sakit dengan membawa form resume pasien yang berisi pengobatan dan tindakan yang telah dilakukan sebelumnya agar pelayanan dapat berkelanjutan.
7. Setelah perawat selesai memberikan penjelasan terkait kebutuhan pasien, maka perawat meminta pasien dan atau keluarga menandatangani form pulang atas permintaan sendiri dan mendokumentasikannya ke dalam rekam medis pasien.
8. Perawat melanjutkan proses pelayanan pasien pulang atas permintaan sendiri (sesuai SPO APS)
9. Dokumentasi edukasi pasien APS ditandatangani oleh pihak pasien dan atau keluarga dengan disaksikan oleh perawat.

Unit terkait
Semua unit terkait

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPO PEMBERIAN EDUKASI PADA PASIEN YANG PULANG ATAS PERMINTAAN SENDIRI"

Posting Komentar