SPO PENGELOLAAN PELAPORAN





 SPO
PENGELOLAAN PELAPORAN


Prosedur
Tetap
No.Pokok

No. Revisi
Halaman
Tgl Terbit.






Tangerang,





Direktur                              
Pengertian
1. Laporan Insiden RS(Internal);Pelaporan secara tertulis setiap kejadian yang tidak diharapkan (KTD) atau kejadian nyaris cedera (KNC)yang menimpa pasien atau kejadian  lain yang menimpa keluarga pengunjung maupun karyawan yang terjadi diRS.
2. Keselamatan pasien bebas dari bahaya atau resiko (hazard)
3.Hazard / bahaya; suatu’ keadaan, perubahan atau tindakan’ yang dapat meningkatkan resiko pada pasien. Keadaan adalah semua faktor  yang behubungan atau mempengaruhi suatu peristiwa keselamatan pasien/pasien  safety event, agent atau personal. Sedangkan agent adalah substansi, objek atau sistem yang menyebabkan perubahan.
4. Insiden keselamatan pasien (IKP) adalah setiap kejadian atau situasi yang dapat menyebabkab berpotensi mengakibatkan cidera yang seharusnya tidak terjadi.
5. KTD (Kejadian Tidak Diharapkan) : suatu kejadian yang tidak diharapkan yang dapat mengakibatkan cidera pada pasien akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil, dan bukan karena penyakit dasarnya atau kondisi pasien. Cidera dapat diakibatkan oleh kesalahan medis atau bukan kesalahan medis karena tidak dapat dicegah.
6. Kejadian sentinel (sentinel event) adalah suatu KTD yang mengakibatkan kematian atau cidera yang serius, biasanya dipakai untuk kejadian yang sangat tidak diharapkan atau tidak dapat diterima seperti operasi pada bagian tubuh yang salah.
7. Analisis akar masalah/Root Cause Analysis (RTA) : suatu proses berulang yang sistematik dimana faktor-faktor yang berkontribusi dalam suatu insiden diidentifikasikan dengan merekontruksi kronologis kejadian menggunkan pertanyaan: “Kenapa” yang diulang hingga menemukan akar penyebabnya dan penjelasannya. Pertanyaan “Kenapa” harus ditanyakan hingga tim investigator mendapatkan fakta, bukan hasil spekulasi.

Tujuan
1. KTD dikelola secara terstruktur sehingga menjadi pembelajaran bagi setiap tenaga RS 
2. Menurunnya insiden keselamatan pasien (KTD & KNC) dan meningkatnya mutu pelayanan dan keselamatan pasien
Kebijakan
1. Setiap karyawan berkewajiban melaporkan bila terjadi KTD
2. RS mengembangkan budaya pelaporan keselamatan dan belajar dari insiden yang terjadi di RS
Prosedur











1. Tentukan bentuk investigasi sesuai dengan analis yang akan dilakukan sebagai berikut :
a. Grade biru : investigasi sederhana oleh atasan langsung, waktu masimal 1 minggu
b. Grade hijau : investigasi sederhana oleh atasan langsung waktu maksimal 2 minggu
c. Grade kuning : investigasi komprehensif/analisis akar masalah/RCA oleh tim KP di RS, waktu maksimal 45 hari
d. Grade merah : investigasi komprehensif/analisis akar masalah/RCA oleh tim KP di RS, waktu maksimal 45 hari
2.Setelah selesai melakukan investigasi sederhana ,laporan hasil investigasi dan laporan insiden dilaporkan ke tim KP di RS.
3. tim KP Ddi RS akan menganalisis kembali hasil investigasi dan laporan insiden untuk menentukan apakah perlu  dilakukan investigasi kelanjutan (RCA)dengan melakukan regarding
4.Untuk grade kuning /merah,tim KP di RS akan melakukan analisis akar masalah /RootCauseAanalisis ( RCA)
5.Setelah melakukan RCA,tem KP di RS akan membuat laporan dan rekommendasi untuk perbaikan seta pembelajaran berupa : Petunjuk/saffeti alert untuk mencegah kejadian yang sama terulang kembali.
6.Hasil RCA merekommendasi dan rencana kerja dilaporkan kepada Direktur Rumah Sakit.
7.Rekomendasi untuk perbaikan dan pembelajaran diberikan umpan balik kepada unit kerja terkait
8.Unit kerja membuat analisa dan tren kejadian disatuan kerja nya masing-masing
9.Monitoring dan evaluasi perbaikan  dan  evaluasi perbaiakan  oleh tim KP di RS.
10. Catatan  : Laporan IKP jangan disimpan di dokumen medis, jangan difotokopi , hanya disimpan keselamatan pasien.
11. Dokumen pendukung :
      a. S7P3 instrumen akreditasi admen
      b. S7P4 instrumen akreditasi yanmed
Unit Terkait
1. Sub komite keselamatan pasien
2. Semua unit kerja di RS

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPO PENGELOLAAN PELAPORAN"

Posting Komentar