SPO PENGELOLAAN PELAPORAN
PENGELOLAAN PELAPORAN
|
|||
Prosedur
Tetap
|
No.Pokok
|
No. Revisi
|
Halaman
|
Tgl Terbit.
|
Tangerang,
Direktur
|
||
Pengertian
|
1.
Laporan Insiden RS(Internal);Pelaporan secara tertulis setiap kejadian yang
tidak diharapkan (KTD) atau kejadian nyaris cedera (KNC)yang menimpa pasien
atau kejadian lain yang menimpa
keluarga pengunjung maupun karyawan yang terjadi diRS.
2.
Keselamatan pasien bebas dari bahaya atau resiko (hazard)
3.Hazard
/ bahaya; suatu’ keadaan, perubahan atau tindakan’ yang dapat meningkatkan
resiko pada pasien. Keadaan adalah semua faktor yang behubungan atau mempengaruhi suatu
peristiwa keselamatan pasien/pasien
safety event, agent atau personal. Sedangkan agent adalah substansi,
objek atau sistem yang menyebabkan perubahan.
4.
Insiden keselamatan pasien (IKP) adalah setiap kejadian atau situasi yang
dapat menyebabkab berpotensi mengakibatkan cidera yang seharusnya tidak
terjadi.
5. KTD
(Kejadian Tidak Diharapkan) : suatu kejadian yang tidak diharapkan yang dapat
mengakibatkan cidera pada pasien akibat melaksanakan suatu tindakan atau
tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil, dan bukan karena penyakit
dasarnya atau kondisi pasien. Cidera dapat diakibatkan oleh kesalahan medis
atau bukan kesalahan medis karena tidak dapat dicegah.
6.
Kejadian sentinel (sentinel event) adalah suatu KTD yang mengakibatkan
kematian atau cidera yang serius, biasanya dipakai untuk kejadian yang sangat
tidak diharapkan atau tidak dapat diterima seperti operasi pada bagian tubuh
yang salah.
7.
Analisis akar masalah/Root Cause Analysis (RTA) : suatu proses berulang yang
sistematik dimana faktor-faktor yang berkontribusi dalam suatu insiden
diidentifikasikan dengan merekontruksi kronologis kejadian menggunkan
pertanyaan: “Kenapa” yang diulang hingga menemukan akar penyebabnya dan
penjelasannya. Pertanyaan “Kenapa” harus ditanyakan hingga tim investigator
mendapatkan fakta, bukan hasil spekulasi.
|
||
Tujuan
|
1. KTD dikelola secara
terstruktur sehingga menjadi pembelajaran bagi setiap tenaga RS
2. Menurunnya insiden
keselamatan pasien (KTD & KNC) dan meningkatnya mutu pelayanan dan
keselamatan pasien
|
||
Kebijakan
|
1. Setiap karyawan
berkewajiban melaporkan bila terjadi KTD
2. RS mengembangkan
budaya pelaporan keselamatan dan belajar dari insiden yang terjadi di RS
|
||
Prosedur
|
1.
Tentukan bentuk investigasi sesuai dengan analis yang akan dilakukan sebagai
berikut :
a. Grade
biru : investigasi sederhana oleh atasan langsung, waktu masimal 1 minggu
b. Grade
hijau : investigasi sederhana oleh atasan langsung waktu maksimal 2 minggu
c. Grade
kuning : investigasi komprehensif/analisis akar masalah/RCA oleh tim KP di RS,
waktu maksimal 45 hari
d. Grade
merah : investigasi komprehensif/analisis akar masalah/RCA oleh tim KP di RS,
waktu maksimal 45 hari
2.Setelah
selesai melakukan investigasi sederhana ,laporan hasil investigasi dan
laporan insiden dilaporkan ke tim KP di RS.
3. tim KP
Ddi RS akan menganalisis kembali hasil investigasi dan laporan insiden untuk
menentukan apakah perlu dilakukan
investigasi kelanjutan (RCA)dengan melakukan regarding
4.Untuk
grade kuning /merah,tim KP di RS akan melakukan analisis akar masalah
/RootCauseAanalisis ( RCA)
5.Setelah
melakukan RCA,tem KP di RS akan membuat laporan dan rekommendasi untuk
perbaikan seta pembelajaran berupa : Petunjuk/saffeti alert untuk mencegah
kejadian yang sama terulang kembali.
6.Hasil
RCA merekommendasi dan rencana kerja dilaporkan kepada Direktur Rumah Sakit.
7.Rekomendasi
untuk perbaikan dan pembelajaran diberikan umpan balik kepada unit kerja
terkait
8.Unit
kerja membuat analisa dan tren kejadian disatuan kerja nya masing-masing
9.Monitoring
dan evaluasi perbaikan dan evaluasi perbaiakan oleh tim KP di RS.
10.
Catatan : Laporan IKP jangan disimpan
di dokumen medis, jangan difotokopi , hanya disimpan keselamatan pasien.
11.
Dokumen pendukung :
a. S7P3 instrumen akreditasi admen
b. S7P4 instrumen akreditasi yanmed
|
||
Unit Terkait
|
1. Sub komite keselamatan
pasien
2. Semua unit kerja di RS
|
0 Response to "SPO PENGELOLAAN PELAPORAN"
Posting Komentar