SPO PERAN KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KESELAMATAN PASIEN






SPO
PERAN KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KESELAMATAN PASIEN


Prosedur
Tetap
No.Pokok

No. Revisi
Halaman
Tgl Terbit.






Tangerang,




Dr. Ambril Nurdin                            
Direktur                               
Pengertian
  1. Kepala RS mendorong dan menjamin implementasi program keselamatan pasien secara terintregrasi dalam organisasi melalui penerapan “Tujuh Langkah Menuju Keselamatan Pasien Rumah Sakit”
  2. Kepala RS menjamin berlangsungnya program proaktif untuk identifikasi resiko keselamatan pasien dan program menekan atau mengurangi KTD.
  3. Kepala RS mendorong dan menumbuhkan komunikasi dan koordinasi antara unit dan individu berkaitan dengan pengambilan keputusan tentang keselamatan pasien.
  4. Kepala RS mengalokasikan sumber daya yang adekuat untuk mengukur, mengkaji, da meningkatkan kinerja RS serta meningkatkan keselamatan pasien.
  5. Kepala RS mengukur dan mengkaji efektifitas kontribusinya dalam meningkatkan kinerja RS dan keselamatan pasien
Tujuan
  1. Meningkatkan kepedulian akan masalah-masalah pasien safety
  2. Memperhatikan bahwa keselamatan pasien menjadi prioritas utama bagi pimpinan RS
  3. Membantu mendorong budaya adil dan terbuka dengan mendorong staf membicarakan insiden secara terbuka
  4. Suatu cara untuk mengumpulkan informasii dan pendapat dari staf agar pelayanan pasien lebih aman
  5. Cara untuk berbagi informasi yang diperoleh dari berbagai unit di RS
Kebijakan
  1. Kepala RS unit kerja bertanggungjawab untuk mengelola program keselamatan pasien RS
  2. Ditetapkan sistem pencatatan, pengmpulan, pelaporan data KTD
Prosedur











  1. Terdapat tim antar disiplin untuk mengelola program keselamatan pasien.
  2. Tersedia program proaktif untuk identifikasi resiko keselamatan dan program meminimalkan insiden,yang mencakup jenis –jenis kejadian yang memerlukan perhatian, mulai dari “kejadian nyaris cidera ( KNC) “ sampe dengan “kejadian tidak diharapkan (KTD)
  3. Tersedia mekanisme kerja untuk menjamin bahwa semua komponen dari RS terintegrasi dan berpartisipasi dalam program keselamatan pasien
  4. Tersedia prosedur ”cepat tanggap “terhadap insiden,termasuk asuan pada pasien yang terkena musibah,membatasi resiko pada orang lain dan penyampaian informasi yang benar dan jelas untuk keperluan analisis
  5. Tersedia mekanisme pelaporan internal dan external berkaitan dengan insiden termasuk penyediaan informasi yang benar dan jelas tentang analisis akar masalah (RCA)KTD dan kejadian sentinel pada saat program keselamatan pasien mulai dilaksanakan
  6. Tersedia mekanisme untuk menangani berbagai jenis insiden,misal nya menangani kejadian sentinel atau kegiatan proaktif untuk memperkecil resiko,termasuk mekanisme untuk mendukung staf dalam kaitn dengan kejadian sentinel
  7. Terdapat kolaborasi dan komunikasi terbuka secara sukarela antar unit dan antar pengelola pelayanan didalam RS dengan pendekatan antar disiplin
  8. Tersedia sumber daya dan sistim informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan perbaikan kinerja RS dan perbaiakn keselamatan pasien,termasuk evaluasi berkala terhadap kecukupan sumber daya tersebut
  9. Tersedia sasaran terukur dan pengumpulan informasi
  10. Menggunakan kriteria objektif untuk  mengevaluasi efektifitas perbaiakan kenerja RS dan keselamatan pasien termasuk rencana tindak lanjut dan inplementasinya
Unit Terkait
Direktur
Seluruh staf RS

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPO PERAN KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KESELAMATAN PASIEN"

Posting Komentar