|
SPO
PERAN KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KESELAMATAN PASIEN
|
Prosedur
Tetap
|
No.Pokok
|
No. Revisi
|
Halaman
|
Tgl Terbit.
|
Tangerang,
Dr. Ambril Nurdin
Direktur
|
Pengertian
|
- Kepala RS mendorong
dan menjamin implementasi program keselamatan pasien secara
terintregrasi dalam organisasi melalui penerapan “Tujuh Langkah Menuju
Keselamatan Pasien Rumah Sakit”
- Kepala RS menjamin
berlangsungnya program proaktif untuk identifikasi resiko keselamatan
pasien dan program menekan atau mengurangi KTD.
- Kepala RS mendorong
dan menumbuhkan komunikasi dan koordinasi antara unit dan individu
berkaitan dengan pengambilan keputusan tentang keselamatan pasien.
- Kepala RS mengalokasikan
sumber daya yang adekuat untuk mengukur, mengkaji, da meningkatkan
kinerja RS serta meningkatkan keselamatan pasien.
- Kepala RS mengukur
dan mengkaji efektifitas kontribusinya dalam meningkatkan kinerja RS dan
keselamatan pasien
|
Tujuan
|
- Meningkatkan kepedulian
akan masalah-masalah pasien safety
- Memperhatikan bahwa
keselamatan pasien menjadi prioritas utama bagi pimpinan RS
- Membantu mendorong
budaya adil dan terbuka dengan mendorong staf membicarakan insiden
secara terbuka
- Suatu cara untuk
mengumpulkan informasii dan pendapat dari staf agar pelayanan pasien
lebih aman
- Cara untuk berbagi
informasi yang diperoleh dari berbagai unit di RS
|
Kebijakan
|
- Kepala RS unit kerja
bertanggungjawab untuk mengelola program keselamatan pasien RS
- Ditetapkan sistem
pencatatan, pengmpulan, pelaporan data KTD
|
Prosedur
|
- Terdapat tim antar
disiplin untuk mengelola program keselamatan pasien.
- Tersedia program
proaktif untuk identifikasi resiko keselamatan dan program meminimalkan
insiden,yang mencakup jenis –jenis kejadian yang memerlukan perhatian,
mulai dari “kejadian nyaris cidera ( KNC) “ sampe dengan “kejadian tidak
diharapkan (KTD)
- Tersedia mekanisme
kerja untuk menjamin bahwa semua komponen dari RS terintegrasi dan
berpartisipasi dalam program keselamatan pasien
- Tersedia prosedur
”cepat tanggap “terhadap insiden,termasuk asuan pada pasien yang terkena
musibah,membatasi resiko pada orang lain dan penyampaian informasi yang
benar dan jelas untuk keperluan analisis
- Tersedia mekanisme
pelaporan internal dan external berkaitan dengan insiden termasuk
penyediaan informasi yang benar dan jelas tentang analisis akar masalah
(RCA)KTD dan kejadian sentinel pada saat program keselamatan pasien
mulai dilaksanakan
- Tersedia mekanisme
untuk menangani berbagai jenis insiden,misal nya menangani kejadian
sentinel atau kegiatan proaktif untuk memperkecil resiko,termasuk
mekanisme untuk mendukung staf dalam kaitn dengan kejadian sentinel
- Terdapat kolaborasi
dan komunikasi terbuka secara sukarela antar unit dan antar pengelola
pelayanan didalam RS dengan pendekatan antar disiplin
- Tersedia sumber daya
dan sistim informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan perbaikan kinerja RS
dan perbaiakn keselamatan pasien,termasuk evaluasi berkala terhadap
kecukupan sumber daya tersebut
- Tersedia sasaran
terukur dan pengumpulan informasi
- Menggunakan kriteria
objektif untuk mengevaluasi
efektifitas perbaiakan kenerja RS dan keselamatan pasien termasuk
rencana tindak lanjut dan inplementasinya
|
Unit Terkait
|
Direktur
Seluruh
staf RS
|
0 Response to "SPO PERAN KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KESELAMATAN PASIEN"
Posting Komentar