SPO PENAGIHAN BIAYA ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP (UMUM)
SPO 
PENAGIHAN
  BIAYA ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP (UMUM) 
 | 
 |||
Prosedur 
Tetap 
 | 
  
No. Pokok 
 | 
  
No. Revisi 
 | 
  
Halaman 
1/3 
 | 
 
Tanggal terbit 
 | 
  
Tangerang, 
                          Direktur 
 | 
 ||
Pengertian  
 | 
  
Proses penagihan biaya administrasi
  terhadap pasien yang dirawat inap kepada pasien dan atau keluarga untuk
  kategori pasien umum 
 | 
 ||
Tujuan 
 | 
  
1.      Acuan
  bagi staf kasir dalam melakukan penagihan terkait biaya administrasi pasien
  yang dirawat inap kepada pasien dan atau keluarga pasien 
2.      Mendapatkan
  pembayaran terkait tagihan pasein baik selama pasien dirawat maupun sebelum
  pasien pulang 
3.      Memastikan
  tagihan pasien yang dirawat inap dibayarkan sesuai dengan tagihan pasien 
 | 
 ||
Kebijakan  
 | 
  |||
Prosedur 
 | 
  
1.      Cetak
  laporan perincian biaya pasien, dengan cara : 
a.       Buka
  program 
b.      Masukkan
  No. Pegawai dan Password 
c.       Pilih
  menu kasir 
d.      Pilih
  sub menu laporan 
e.       Pilih
  sub menu perincian biaya pasien yang akan ditagih 
f.       Cetak
  laporan perincian biaya pasien 
2.      Periksa
  laporan perincian biaya pasien 
 | 
 ||
SPO 
PENAGIHAN
  BIAYA ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP (UMUM) 
 | 
 |||
No. Pokok 
 | 
  
No. Revisi 
 | 
  
Halaman 
2/3 
 | 
 |
1.      Tandai
  pasien-pasien yang akan ditagih terkait administrasi pembayaran 
Keterangan : 
Pasien yang ditagih
  adalah pasien yang telah melewati batas deposit awal saat masuk rawat inap 
2.      Cocokkan
  rekening pasien yang akan ditagih dengan berkas pasien, dengan cara : 
a.       Buka
  program 
b.      Masukkan
  No. Pegawai dan Password 
c.       Pilih
  menu kasie 
d.      Pilih
  sub menu laporan pasien 
e.       Pilih
  sub menu rekening pasien 
f.       Masukkan
  nomor rekam medis pasien 
g.      Cocokkan
  nama paasaien yang tertera pada program dengan berkas pasien 
Keterangan
  : Pastikan tidak ada struk yang terlewat, bila ada struk yang belum diproses,
  maka : 
1)      Hubungi
  counter rawat inap/counter poli spesialis mengacu kepada nomor struk yang
  tertera pada program 
2)      Tekan
  F10 untuk masuk kedalam sub menu rekening pasien 
3)      Ketik
  [Y/N] untuk memasukkan visite dokteer 
4)      Buka
  menu rekening pasien 
5)      Cocokkan
  rekening pasien dengan struk yang ada dalam status pasien 
Keterangan
  : Pastikan jumlah tagihan pasien sama dengan jumlah yang terdapat dalam
  rekening pasien 
 | 
 |||
SPO 
PENAGIHAN
  BIAYA ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP (UMUM) 
 | 
 |||
No. Pokok 
 | 
  
No. Revisi 
 | 
  
Halaman 
3/3 
 | 
 |
1.      Hubungi
  pasien atau keluarga terkait penagihan biaya tagihan pasien 
“Selamat
  pagi/siang, saya….. (sebutkan nama) dari bagian Kasir, ini saya berbicara
  dengan pasien/keluarga pasien atas nama…..(sebutkan nama pasien), saya ingin
  mengkonfirmasikan bahwa tagihan sementara untuk pasien…. (sebutkan nama
  pasien) per pagi/siang ini sudah mencapai Rp….. (sebutkan nominal tagihan
  biaya pasien), pada saat awal masuk sudah didepositkan Rp. ….. (sebutkan
  nominal biaya yang sudah dibayarkan), mohon untuk segera penambahan deposit
  kembali, terika kasih” 
Keterangan
  : 
Bila pasien/ keluarga
  pasien tudak merespon/ menanggapi terkait tagihan yang telah dibebankan dalam
  waktu > 24 jam sejak pemberitahuan, maka: 
a.       Berlakukan
  resep keluarga (bila ada pembelian obat/ pemeriksaan laboratorium/
  pemeriksaan radiologi atau pemeriksaan lainnya 
b.      Informasikan
  kepada Manajer Keuangan terkait pasien-pasien yang telah melebihi batas limit
  deposito awal 
c.       Informasikan
  kepada unit pelayanan terkait perihal pemberlakukan resep keluarga untuk
  pasien sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. 
 | 
 |||
Unit terkait 
 | 
  
Semua Unit 
 | ||
0 Response to "SPO PENAGIHAN BIAYA ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP (UMUM)"
Posting Komentar