SPO PENAGIHAN BIAYA ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP (UMUM)
SPO
PENAGIHAN
BIAYA ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP (UMUM)
|
|||
Prosedur
Tetap
|
No. Pokok
|
No. Revisi
|
Halaman
1/3
|
Tanggal terbit
|
Tangerang,
Direktur
|
||
Pengertian
|
Proses penagihan biaya administrasi
terhadap pasien yang dirawat inap kepada pasien dan atau keluarga untuk
kategori pasien umum
|
||
Tujuan
|
1. Acuan
bagi staf kasir dalam melakukan penagihan terkait biaya administrasi pasien
yang dirawat inap kepada pasien dan atau keluarga pasien
2. Mendapatkan
pembayaran terkait tagihan pasein baik selama pasien dirawat maupun sebelum
pasien pulang
3. Memastikan
tagihan pasien yang dirawat inap dibayarkan sesuai dengan tagihan pasien
|
||
Kebijakan
|
|||
Prosedur
|
1. Cetak
laporan perincian biaya pasien, dengan cara :
a. Buka
program
b. Masukkan
No. Pegawai dan Password
c. Pilih
menu kasir
d. Pilih
sub menu laporan
e. Pilih
sub menu perincian biaya pasien yang akan ditagih
f. Cetak
laporan perincian biaya pasien
2. Periksa
laporan perincian biaya pasien
|
SPO
PENAGIHAN
BIAYA ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP (UMUM)
|
|||
No. Pokok
|
No. Revisi
|
Halaman
2/3
|
|
1. Tandai
pasien-pasien yang akan ditagih terkait administrasi pembayaran
Keterangan :
Pasien yang ditagih
adalah pasien yang telah melewati batas deposit awal saat masuk rawat inap
2. Cocokkan
rekening pasien yang akan ditagih dengan berkas pasien, dengan cara :
a. Buka
program
b. Masukkan
No. Pegawai dan Password
c. Pilih
menu kasie
d. Pilih
sub menu laporan pasien
e. Pilih
sub menu rekening pasien
f. Masukkan
nomor rekam medis pasien
g. Cocokkan
nama paasaien yang tertera pada program dengan berkas pasien
Keterangan
: Pastikan tidak ada struk yang terlewat, bila ada struk yang belum diproses,
maka :
1) Hubungi
counter rawat inap/counter poli spesialis mengacu kepada nomor struk yang
tertera pada program
2) Tekan
F10 untuk masuk kedalam sub menu rekening pasien
3) Ketik
[Y/N] untuk memasukkan visite dokteer
4) Buka
menu rekening pasien
5) Cocokkan
rekening pasien dengan struk yang ada dalam status pasien
Keterangan
: Pastikan jumlah tagihan pasien sama dengan jumlah yang terdapat dalam
rekening pasien
|
SPO
PENAGIHAN
BIAYA ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP (UMUM)
|
|||
No. Pokok
|
No. Revisi
|
Halaman
3/3
|
|
1. Hubungi
pasien atau keluarga terkait penagihan biaya tagihan pasien
“Selamat
pagi/siang, saya….. (sebutkan nama) dari bagian Kasir, ini saya berbicara
dengan pasien/keluarga pasien atas nama…..(sebutkan nama pasien), saya ingin
mengkonfirmasikan bahwa tagihan sementara untuk pasien…. (sebutkan nama
pasien) per pagi/siang ini sudah mencapai Rp….. (sebutkan nominal tagihan
biaya pasien), pada saat awal masuk sudah didepositkan Rp. ….. (sebutkan
nominal biaya yang sudah dibayarkan), mohon untuk segera penambahan deposit
kembali, terika kasih”
Keterangan
:
Bila pasien/ keluarga
pasien tudak merespon/ menanggapi terkait tagihan yang telah dibebankan dalam
waktu > 24 jam sejak pemberitahuan, maka:
a. Berlakukan
resep keluarga (bila ada pembelian obat/ pemeriksaan laboratorium/
pemeriksaan radiologi atau pemeriksaan lainnya
b. Informasikan
kepada Manajer Keuangan terkait pasien-pasien yang telah melebihi batas limit
deposito awal
c. Informasikan
kepada unit pelayanan terkait perihal pemberlakukan resep keluarga untuk
pasien sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
|
|||
Unit terkait
|
Semua Unit
|
0 Response to "SPO PENAGIHAN BIAYA ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP (UMUM)"
Posting Komentar