SPO PENAGIHAN BIAYA ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP (UMUM)


SPO
PENAGIHAN BIAYA ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP (UMUM)


Prosedur
Tetap
No. Pokok
No. Revisi
Halaman
1/3
Tanggal terbit
Tangerang,




                          Direktur
Pengertian
Proses penagihan biaya administrasi terhadap pasien yang dirawat inap kepada pasien dan atau keluarga untuk kategori pasien umum
Tujuan
1.      Acuan bagi staf kasir dalam melakukan penagihan terkait biaya administrasi pasien yang dirawat inap kepada pasien dan atau keluarga pasien
2.      Mendapatkan pembayaran terkait tagihan pasein baik selama pasien dirawat maupun sebelum pasien pulang
3.      Memastikan tagihan pasien yang dirawat inap dibayarkan sesuai dengan tagihan pasien
Kebijakan

Prosedur
1.      Cetak laporan perincian biaya pasien, dengan cara :
a.       Buka program
b.      Masukkan No. Pegawai dan Password
c.       Pilih menu kasir
d.      Pilih sub menu laporan
e.       Pilih sub menu perincian biaya pasien yang akan ditagih
f.       Cetak laporan perincian biaya pasien
2.      Periksa laporan perincian biaya pasien




SPO
PENAGIHAN BIAYA ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP (UMUM)
No. Pokok
No. Revisi
Halaman
2/3

1.      Tandai pasien-pasien yang akan ditagih terkait administrasi pembayaran
Keterangan :
Pasien yang ditagih adalah pasien yang telah melewati batas deposit awal saat masuk rawat inap
2.      Cocokkan rekening pasien yang akan ditagih dengan berkas pasien, dengan cara :
a.       Buka program
b.      Masukkan No. Pegawai dan Password
c.       Pilih menu kasie
d.      Pilih sub menu laporan pasien
e.       Pilih sub menu rekening pasien
f.       Masukkan nomor rekam medis pasien
g.      Cocokkan nama paasaien yang tertera pada program dengan berkas pasien
Keterangan : Pastikan tidak ada struk yang terlewat, bila ada struk yang belum diproses, maka :
1)      Hubungi counter rawat inap/counter poli spesialis mengacu kepada nomor struk yang tertera pada program
2)      Tekan F10 untuk masuk kedalam sub menu rekening pasien
3)      Ketik [Y/N] untuk memasukkan visite dokteer
4)      Buka menu rekening pasien
5)      Cocokkan rekening pasien dengan struk yang ada dalam status pasien
Keterangan : Pastikan jumlah tagihan pasien sama dengan jumlah yang terdapat dalam rekening pasien




SPO
PENAGIHAN BIAYA ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP (UMUM)
No. Pokok
No. Revisi
Halaman
3/3

1.      Hubungi pasien atau keluarga terkait penagihan biaya tagihan pasien
“Selamat pagi/siang, saya….. (sebutkan nama) dari bagian Kasir, ini saya berbicara dengan pasien/keluarga pasien atas nama…..(sebutkan nama pasien), saya ingin mengkonfirmasikan bahwa tagihan sementara untuk pasien…. (sebutkan nama pasien) per pagi/siang ini sudah mencapai Rp….. (sebutkan nominal tagihan biaya pasien), pada saat awal masuk sudah didepositkan Rp. ….. (sebutkan nominal biaya yang sudah dibayarkan), mohon untuk segera penambahan deposit kembali, terika kasih”
Keterangan :
Bila pasien/ keluarga pasien tudak merespon/ menanggapi terkait tagihan yang telah dibebankan dalam waktu > 24 jam sejak pemberitahuan, maka:
a.       Berlakukan resep keluarga (bila ada pembelian obat/ pemeriksaan laboratorium/ pemeriksaan radiologi atau pemeriksaan lainnya
b.      Informasikan kepada Manajer Keuangan terkait pasien-pasien yang telah melebihi batas limit deposito awal
c.       Informasikan kepada unit pelayanan terkait perihal pemberlakukan resep keluarga untuk pasien sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
Unit terkait
Semua Unit

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPO PENAGIHAN BIAYA ADMINISTRASI PASIEN RAWAT INAP (UMUM)"

Posting Komentar