KEBIJAKAN PELAYANAN BEDAH TEPAT LOKASI , TEPAT PROSEDUR, TEPAT PASIEN

SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR RUMAH SAKIT

NOMOR ........../.............../............
TENTANG
KEBIJAKAN PELAYANAN BEDAH
TEPAT LOKASI , TEPAT PROSEDUR, TEPAT PASIEN
RUMAH SAKIT



Menimbang       ; a. Bahwa dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan RS  , maka
                              Diperlukan penyelenggaraan pelayanan bedah khususnya dalam
                              Melaksanakan tindakan tepat lokasi, tepat prosedur, tepat pasien
                            b. Bahwa agar pelayanan bedah di RS  dapat terlaksana dengan baik ,
                              perlu adanya Kebijakan Direktur RS r sebagai landasan bagi
                               penyelenggaraan pelayanan bedah di RS 
                          c. Bahwa sesuai butir a dan b diatas perlu ditetapkan dengan Surat Keputusan
                              Direktur RS 
Mengingat        ; 1. Undang – undang Republik Indonesia no 29 tahun tahun 2004 tentang
                             Praktek kedokteran
                           2. Undang – undang Republik Indonesia nomor 36 tahun 2009 tentang
                              Kesehatan
                          3. Undang – undang Republik Indonesia no 44  tahun 2009 tentang
                                Rumah Sakit
                         4. Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia no 417/ Menkes/ PER/ II
                            / 2011 Tentang Komisi Akreditasi Rumah Sakit
                         5. Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia no 1691 Menkes/ PER/
                             VII// 2011Tentang Keselamatan pasien RS
Memperhatikan   ; 1. SK Ketua Yayasan Islam Ikhlas no 0013/ YII/KY-Y/IV/2011 Tentang
                               Perpanjangan Badan pengawas / Badan Pengampu RS 
                               


MEMUTUSKAN
Menetapkan ;
Pertama        ; Kepetusan Direktur Rumah Sakit  Tentang Kebijakan Pelayanan Bedah
Kedua           ; Kebijakan Pelayanan Bedah sebagaimana tercantum dalam lampiran
                      Keputusan ini
Ketiga          ; Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Pelayanan Bedah dilaksanakan
                        Oleh petugas kesehatan RS
Keempat       ; Ketetapan ini berlaku sejak tanggal ditetapkannya dan apabila dikemudian hari                
                      Ternyata terdapat kekeliruan dalam penetapan ini akan diadakan perbaikan
                         Sebagaimana mestinya

Ditetapkan di Tangerang
Tanggal ............/............./20
Direktur Rumah Sakit


Dr Ambril Nurdin

    



Lampiran ; Surat Keputusan Direktur RS
Nomor     ;
Tanggal    ;
Kebijakan Pelayanan Bedah
Tepat lokasi , tepat pasien , tepat prosedur
Rumah Sakit 
1.      Pelayanan bedah diberikan untuk meningkatkan keamanan  tindakan bedah dengan menciptakan standarisasi prosedur yang aman
2.      Pelayanan bedah mengurangi tingkat mortalitas , morbiditas dan disabilitas / kecacatan akibat komplikasi prosedur bedah
3.      Pelayanan bedah ada 3 elemen yang harus selalu berinteraksi dan bekerjasama secaraefektif dan efesien yaitu kamar operasi atau ruang prosedur, pasien itu sendiri, tim bedah
4.      Pelayanan bedah dapat dilakukan dengan surgical safety checklist
5.      Dalam suatu penandaan lokasi operasi harus melibatkan pasien / keluarga
6.      Menggunakan suatu checklist untuk melakukan verifikasi pra operasi , tepat lokasi, tepat prosedur , dan tepat pasien serta semua dokumen dan peralatan yang diperlukan tersedia tepat/ benar dan fungsional
7.      Tim operasi yang lengkap menerapkan dan mencatat / mendokumentasikan prosedur sebelum insisi/ time out, tepat sebelum dimulainya suatu prosedur tindakan pembedahan
8.      Suatu penandaan operasi harus dilakukan oleh seorang dokter bedah dan memakai spidol marker
9.      Suatu penandaan operasi dilakukan sebelum tindakan operasi
Direktur Rumah Sakit 



________________


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEBIJAKAN PELAYANAN BEDAH TEPAT LOKASI , TEPAT PROSEDUR, TEPAT PASIEN"

Posting Komentar