SPO PELAYANAN PASIEN WARNA MERAH
SPO
PELAYANAN PASIEN WARNA MERAH
|
|||
Prosedur
Tetap
|
No.Pokok
|
No.
Revisi
|
Halaman
1 dari 1
|
Tgl
Terbit.
|
Tangerang,
Direktur
|
||
Pengertian
|
Pasien yang datang dengan
keadaan gawat dan darurat yang mengancam jiwa atau fungsi vital, perlu
resusitasi dan tindakan bedah segera, prioritas 1 dan pasien ditangani dalam
waktu maksimal 5 menit..
|
||
Tujuan
|
Sebagai acuan penerapan langkah-langkah untuk
memberikan pelayanan penanganan pasien dengan keadaan gawat dan darurat di
IGD yang sesuai dengan baik dan benar.
|
||
Kebijakan
|
Surat
keputusan direktur rumah sakit
|
||
Prosedur
|
1.
Petugas triase memindahkan pasien ke ruang resusitasi dan melakukan Hand Over
kepada petugas ruang resusitasi
2.
Petugas ruang resusitasi mengaktifkan code blue
3.
Petugas melakukan cuci tangan dan menggunakan APD
4.
Petugas melakukan pembebasan jalan nafas (airway) dan proteksi tulang
servikal dan di tempatkan diatas long spine board (LSB) untuk pasien dengan
trauma, dengan cara :
a.
Melakukan suction bila sumbatan berupa cairan/lendir
b.
Memasang OPA/ NPA bila terjadi snoring
c.
Melakukan airway definitif
5.
Petugas melakukan pembebasan jalan nafas maksimal 5 menit
6.
Petugas melakukan pemberian oksigen 11 liter per menit memakai Non
Rebreathing Mask (NRM) bila tidak adekuat lakukan ventilasi manual
7.
Petugas melakukan pemeriksaan sirkulasi dengan
a.
Memegang nadi karotis, bila nadi karotis tidak ada dilakukan RJP sesuai
dengan SPO RJP untuk dewasa, nadi femoralis untuk anak-anak dan brachialis
untuk bayi
b.
Memegang nadi brakhialis dan ektremitas,bila nadi cepat dan ektremitas dingin
dilakukan pemasangan infuse untuk memasukan cairan
8.
Petugas memasang bed side monitor untuk memantau perkembangan tekanan darah,
irama jantung, pernafasan, suhu, saturasi oksigen
9.
Dokter memeriksa ulang jalan nafas, pernafasan, sirkulasi, tingkat kesadaran
setiap 10 menit untuk memutuskan perawatan selanjutnya
|
SPO
PELAYANAN PASIEN WARNA MERAH
|
|||
No.Pokok
|
No. Revisi
|
Halaman 2 dari 2
|
|
10. Bila telah dilakukan tindakan tetapi
pasien tetap tidak tertolong (meninggal) maka dilakukan perawatan jenazah
sesuai SPO Perawatan jenazah
11. Petugas IGD memberikan Edukasi
pasien/ keluarga mengenai kondisi pasien dan rencana selanjutnya
12. Petugas IGD mendokumentasikan di
formulir pengkajian IGD
13. Jika dalam penanganannya pasien
membutuhkan perawatan intensif, maka dilakukan perawatan dan monitor pasien
khusus sesuai SPO pindah pasien dari IGD ke ICU.
14. Jika pasien kondisi stabil (airway,
breathimng dan circulation) dan hanya membutuhkan ruang rawat biasa, maka
keluarga dapat melakukan admisi pasien
IGD di bagian pendaftaran IGD dan
memilih ruang rawat sesuai indikasi rawat pasien (SPO pindah pasien IGD ke
ruang rawat).
15. Petugas IGD memberikan penjelasan
tindaklanjut pasien dan akan mengantar pasien ke ruang yang dituju sesuai
indikasinya.
16. Jika pasien tidak dirawat inap di
RS, karena satu dan lain hal, maka dilakukan proses
rujukan sesuai SPO rujuk dan keluarga menyelesaikan administrasi di kasir
terlebih dahulu.
|
|||
Unit terkait
|
Seluruh petugas Rumah Sakit
|
0 Response to "SPO PELAYANAN PASIEN WARNA MERAH"
Posting Komentar