SPO PENGKAJIAN GIZI PASIEN TIDAK BERESIKO (PERENCANAAN TERAPI NUTRISI PASIEN TIDAK BERESIKO)





SPO
PENGKAJIAN GIZI PASIEN TIDAK BERESIKO (PERENCANAAN TERAPI NUTRISI PASIEN TIDAK BERESIKO)


Prosedur
Tetap
No.Pokok

No. Revisi
Halaman 1 dari 1
Tgl Terbit.



Tangerang,



Direktur                              
Pengertian
Pengkajian Gizi pasien tidak berisiko merupakan kegiatan mengumpulkan, mengintegrasikan dan menganalisa data untuk identifikasi masalah gizi pada pasien tidak berisiko yang terkait dengan aspek asupan gizi dan makanan, aspek klinik dan aspek perilaku-lingkungan serta penyebabnya..
Tujuan
Sebagai acuan penerapan langkah-langkah untuk mengumpulkan data awal pasien, menegakkan diagnosis gizi pasien, menentukan langkah untuk menganalisa kebutuhan gizi dan menetapkan intervensi gizi pasien..
Kebijakan
1. Kegiatan Pelayanan Gizi Rumah Sakit  meliputi kegiatan penyelenggaraan makanan, kegiatan asuhan gizi dan kegiatan penelitian dan pengembangan gizi.
2. Kegiatan asuhan gizi disesuaikan dengan keadaan pasien dan berdasarkan keadaan klinis, status gizi, serta status metabolisme pasien. Setiap petugas harus bekerja sesuai dengan standar profesi, standar prosedur operasional yang berlaku, etika profesi, dan menghormati hak pasien.
3. Kegiatan asuhan gizi meliputi pengkajian status gizi/riwayat gizi, penentuan kebutuhan gizi, penentuan macam dan jenis dit, konseling dan penyuluhan gizi baik secara individu maupun kelompok, pemantauan, evaluasi dan tindak lanjut.
Prosedur
1. Kajian nutrisi awal dilakukan oleh perawat dengan menggunakan Form Pengkajian Keperawatan Umum melalui wawancara, observasi dan pengukuran antropometri pasien.
2. Jika hasil kajian nutrisi awal menunjukkan pasien tidak di rujuk ke Instalasi Gizi, maka lanjutkan dengan kegiatan asuhan gizi dan didokumentasikan dalam integrated note / formulir catatan terpadu.
3. Ikuti perkembangan gizi pasien.
4. Pengkajian gizi ulang dilakukan setelah 7 (tujuh) hari kemudian dengan menggunakan Formulir Skrining Gizi.
Unit terkait
Semua unit terkait

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPO PENGKAJIAN GIZI PASIEN TIDAK BERESIKO (PERENCANAAN TERAPI NUTRISI PASIEN TIDAK BERESIKO)"

Posting Komentar