SPO PENYAJIAN DAN DISTRIBUSI MAKANAN / MINUMAN PASIEN





SPO
PENYAJIAN DAN DISTRIBUSI MAKANAN / MINUMAN PASIEN


Prosedur
Tetap
No.Pokok

No. Revisi
Halaman 1 dari 2
Tgl Terbit.



Tangerang,



Direktur                              
Pengertian
Distribusi makanan/minuman pasien adalah tata cara untuk mendistribusikan makanan/minuman kepada pasien dengan tepat sasaran, tepat diit dan tepat waktu dengan menggunakan komunikasi yang terstandar....
Tujuan
Sebagai acuan penerapan langkah-langkah untuk mendistribusikan makanan/minuman pasien sesuai dengan pola menu dan diitnya..
Kebijakan
Surat keputusan direktur rumah sakit
Prosedur
1. Petugas sarana dan prasarana gizi menyiapkan peralatan pasien sesuai dengan jumlah pasien, kelas perawatan, dan siklus menu.
2. Sertakan etiket makan pada peralatan yang disiapkan yang mencantumkan data nama pasien, ruang perawatan, kamar/bed, dan jenis diit.
3. Bagian pengolahan memorsikan makanan/minuman pasien sesuai dengan diitnya pada waktu yang telah ditentukan.
4. Koordinator bagian pengolahan melakukan pengecekan ketepatan diit pada setiap makanan/minuman yang sudah diporsikan dengan cara mengecek kesesuaian diit yang ditulis pada fooding list dengan hidangan yang diporsikan.
5. Koordinator bagian pengolahan menyerahkan makanan/minuman yang sudah lolos pengecekan kepada pramusaji.
6. Serah terima tersebut disaksikan kedua belah pihak, dimana koordinator bagian pengolahan menunjukkan kesesuaian diit yang telah diporsikan dengan diit yang tertulis pada fooding list kepada pramusaji.
7. Pramusaji memasukkan makanan/minuman ke dalam trolly sesuai dengan area pendistribusiannya
8. Antar dan distribusikan makanan/minuman pasien menurut jadwal
sebagai berikut:
- Ekstra Pagi : Pukul 06.00
- Makan Pagi : Pukul 07.00
- Selingan Pagi : Pukul 09.30
- Makan Siang : Pukul 12.00
- Selingan Sore : Pukul 15.30
- Makan Malam : Pukul 18.00


















































SPO
PENYAJIAN DAN DISTRIBUSI MAKANAN / MINUMAN PASIEN
No.Pokok

No. Revisi
Halaman 2 dari 2

9. Pramusaji masuk ke ruang perawatan pasien/kamar pasien dengan mengetuk pintu dan ucapkan salam “Assalamualaikum, Bapak / Ibu“.
10. Lakukan identifikasi pasien dengan mengucapkan “Mohon maaf, Bapak/Ibu bisa menyebutkan nama dan tanggal lahir Bapak/Ibu?” (Pasien/keluarga menyebutkan identitasnya).
11. Pramusaji memperkenalkan diri dan beritahukan kegiatan yang akan dilakukan “Bapak/Ibu....(sebut nama), saya pramusaji yang bertugas di ruang ini, nama saya…(sebut nama). Saya akan menyajikan makan pagi/siang/malam untuk Bapak/Ibu dengan menu….(sebut semua menu secara lengkap)”.
12. Pramusaji membawakan makanan/minuman pasien dan meletakan di meja makan pasien sambil mempersilahkan pasien untuk makan/minum. “Silahkan untuk dinikmati”.
13. Setelah selesai melaksanakan tugasnya, pramusaji berpamitan pada pasien: ”Permisi Bapak/Ibu….(sebut nama) saya mohon pamit, Wassalamu’alaikum.
Unit terkait
Seluruh petugas Rumah Sakit

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPO PENYAJIAN DAN DISTRIBUSI MAKANAN / MINUMAN PASIEN"

Posting Komentar