SPO PROSEDUR PASIEN PINDAH RUANG DARI INSTALASI GAWAT DARURAT KE ICU





SPO
PROSEDUR PASIEN PINDAH RUANG DARI INSTALASI GAWAT DARURAT KE ICU


Prosedur
Tetap
No.Pokok

No. Revisi
Halaman 1 dari 1
Tgl Terbit.



Tangerang,



Direktur                              
Pengertian
Adalah tatacara pindah ruang dan serah terima pasien yang sudah mendapat pelayanan di Instalasi Gawat Darurat dan memerlukan perawatan khusus atau tindakan intensif di ICU. Serah terima dilakukan antara petugas IGD dengan petugas ICU yang dituju..
Tujuan
Sebagai acuan untuk menerapkan langkah – langkah dalam serah terima pasien dari IGD ke ICU dengan baik dan benar.
Kebijakan
Surat keputusan direktur rumah sakit
Prosedur
1. Dokter jaga IGD menghubungi dokter konsulen ICU dan melaporkan tentang kondisi pasien (identifiksi pasien, nama dan tanggal lahir) dengan diagnosa apa dan peralatan khusus yang diperlukan (ventilator ).
2. Petugas IGD menghubungi ruang ICU menanyakan tempat dan alat yang dibutuhkan oleh pasien, dengan menyebutkan nama dan tanggal lahir, dan menyampaikan diagnosa, keadaan umum, peralatan yang harus disiapkan.
3. Petugas IGD melakukan cuci tangan sebelum melakukan tindakan kepada pasien.
4. Petugas IGD menstabilkan kondisi pasien: Air way (tidak ada sumbatan jalan nafas), breating (pasien bisa nafas spontan atau di bangging), circulasi (TD tidak semakin menurun, tidak terdapat perdarahan aktif) terlebih dahulu di IGD.
5. Petugas IGD memastikan kondisi pasien stabil (air way, breating, circulasi, dari awal datang sampai diobservasi kondisi tidak ada penurunan maka pasien siap dikirim).
6. Sebelum pasien dikirim ke ICU pastikan identifikasi pasien sesuai dengan gelang identitas pasien dan status rekam medis pasien harus dilengkapi lebih dahulu (dokumentasi tindakan medis, Asuhan Keperawatan, pemeriksaan penunjang dll).
7. Petugas IGD menghubungi ruang ICU dengan menyebutkan nama dan tanggal lahir menanyakan apakah ruang dan peralatan sudah siap atau belum.
8. Jika ICU sudah siap petugas akan mengirim pasien dengan membawa peralatan bagging dan tas emergency (epineprin, SA, spuit, OFA).
Unit terkait
Semua unit terkait

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "SPO PROSEDUR PASIEN PINDAH RUANG DARI INSTALASI GAWAT DARURAT KE ICU"