SPO PROSES EVALUASI STAF


SPO
PROSES EVALUASI STAF


STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL
No. Dokumen

No. Revisi
Halaman 1 dari 7

Tanggal terbit

Ditetapkan



Direktur
Pengertian
Evaluasi merupakan proses perbandingan antara standar dengan fakta dan analisa hasilnya, sehingga dapat disimpulkan dengan analisa akhir, staf yang bersangkutan dapat melanjutkan bekerja atau harus diganti Evaluasi kinerja membentu pimpinan untuk mengambil keputusan dalam suatu kebijakan
Tujuan
1.      Pengembangan : Untuk mementukan pegawai yang perlu di training dan membantu evaluasi hasil training
2.      Pemberian Reward : Untuk proses penentuan kenaikan gaji, insentif, dan promosi
3.      Motivasi : Untuk memotivasi pegawai, mengembangkan inisiatif, rasa tanggung jawab, sehingga terdorong untuk meningkatkan kinerjanya
4.      Perencanaan SDM : Untuk pengembangan keahlian dan keterampilan serta perencanaan SDM
5.      Kompensasi : Memberikan informasi untuk menentukan apa yang harus diberikan kepada pegawai yang berkinerja tinggi atau rendah dan bagaimana proses pemberian kompensasi yang adil
6.      Komunikasi : Dasar untuk komunikasi yang berkelanjutan antara atasan dan bawahan yang menyangkut kinerja pegawai
Kebijakan
Tata Kelola Operasional Rumah Sakit 
Prosedur
1.      Evaluasi Kinerja untuk karyawan Pegawai Rumah Sakit mengikuti ketentuan yang berlaku dari Kementerian Pendayagunaan


SPO
PROSES EVALUASI STAF
No. Dokumen

No. Revisi
Halaman 2 dari 7


Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Badan Kepegawaian Daerah
2.      Evaluasi Penilaian Kinerja Pegawai Harian Lepas dan Kontrak dilakukan sebelum masa kontraknya habis sebagai bahan pertimbangan untuk memperpanjang atau mengakhiri kerjaasana maupun untuk pengangkatan menjadi karyawan tetap
3.      Bentuk lembar penilaian evaluasi adalah sebagai berikut :
KOMPONEN UMUM
1
2
3
4
5
1.      FOKUS PADA HASIL KERJA
·         Mampu mencapai target kerja sesuai dengan tenggat waktu
·         Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya untuk mencapai hasil yang memuaskan
·         Dapat mengatasi kendala dengan supervisi minimum





2.      HASIL KERJA
·         Mencapai hasil kerja sesuai dengan standar
·         Jarang melakukan kesalahan
·         Hasil kerja memenuhi kualifikasi





3.      KOMUNIKASI
·         Mampu memberikan pendapat/masukan kepada atasan, rekan kerja atau bawahan secara sistematis dan akurat secara lisan







SPO
PROSES EVALUASI STAF
No. Dokumen

No. Revisi
Halaman 3 dari 7


KOMPONEN UMUM
1
2
3
4
5
dan tulisan.
·         Mampu memahami keadaan situasi dan kondisi pada saat berkomunikasi (menyampaikan pesan, ide dan gagasan)





4.      TANGGUNG JAWAB
·         Berkomitmen menyelesaikan pekerjaan tanpa perlu dimonitor oleh atasan
·         Dapat diandalkan menyelesaikan pekerjaan dengan mandiri dan tepat waktu
·         Dapat terus melaksanakan tugas dalam situasi tekanan
·         Tidak mengelak dari tugas dan wewenang yang diberikan dan bersedia menerima konsekuensi yang timbul dari pekerjaannya
·         Bersedia memberikan waktu lebih dalam menyelesaikan tugas





5.      MOTIVASI
·         Mempunyai semangat tinggi dalam melaksanakan pekerjaannya.
·         Selalu berusaha meningkatkan kualitas kerja dan mengembangkan sistem kerja yang baik








SPO
EVALUASI STAF
No. Dokumen

No. Revisi
Halaman 4 dari 7


KOMPONEN UMUM
1
2
3
4
5
·         Mampu berkompetisi secara sehat dan beretika dengan rekan kerja





6.      KREATIFITAS
·         Mampu memberikan ide-ide yang secara langsung dapat diterapkan untuk perbaikan kualitas kerja
·         Mampu memecahkan masalah dengan caranyaa sendiri tanpa selalu terikat dengan peraturan yang sudah ada
·         Continuous Improvement





7.      DISIPLIN
·         Melaksanakan dan mematuhi aturan yang sudah ditetapkan.
·         Tidak absen untuk alasan yang dibuat-buat
·         Tidak mempermainkan aturan.





8.      INTEGRITAS
·         Jujur dan tidak menyembunyikan informasi yang diperlukan oleh atasan, rekan kerja dan bawahan dalam pengambilan keputusan terkait dengan pekerjaan
·         Dapat dipercaya menyimpan rahasia perusahaan







SPO
PROSES EVALUASI STAF
No. Dokumen

No. Revisi
Halaman 5 dari 7


KOMPONEN UMUM
1
2
3
4
5
·         Tidak menyalahgunakan wewenang dan jabatan untuk kepentingan pribadi yang dapat merugikan perusahaan





9.      ORIENTASI PELAYANAN
·         Memiliki semangat membantu orang lain. Baik internal (atasan dan rekan) maupun eksternal (customer).
·         Memberikan pelayanan terbaik dengan menunjukkan kualitas pekerjaan melebihi standar yang ditetapkan





10.  KECERDASAN EMOSIONAL
·         Menunjukkan emosional yang stabil pada saat mendapat tekanan pekerjaan yang tinggi
·         Peka terhadap perasaan orang lain
·         Mampu menjaga situasi dan hubungan kerja yang baik dengan atasan, rekan kerja atau bawahan.





11.  KERJASAMA TEAM
·         Mampu bekerjasama dalam team
·         Tetap mendukung keputusan team sekalipun keputusan  yang diambil tidak sesuai dengan keputuisan pribadi









SPO
PROSES EVALUASI STAF
No. Dokumen

No. Revisi
Halaman 6 dari 7


KOMPONEN UMUM
1
2
3
4
5
12.  PENGUASAAN BIDANG KERJA
·         Memiliki pengetahuan dan keterampilan memadai sesuai bidang kerjanya
·         Dapat bekerja mandiri dengan sedikit supervisi
·         Mempunyai semangat mengembangkan diri untuk mencapai penguasaan pengetahuan yang lebih tinggi guna menunjang pekerjaan





13.  EFISIENSI DAN CONTROLING
·         Tidak melakukan pemborosan (material, finansial dan waktu) untuk melakukan hal-hal yamng kurang relevan dengan pekerjaan
·         Mempu melakukan efisiensi waktu dalam upaya mencapai target kerja





14.  LEADERSHIP
·         Menjadi teladan bagi rekan kerja atau bawahan
·         Dapat membimbing rekan kerja atau bawahan dalam menyelesaikan tugas
·         Mampu merencanakan, mengelola pelaksanaan pencapaian perencanaan, serta mengevaluasi tugas








SPO
PROSES EVALUASI STAF
No. Dokumen

No. Revisi
Halaman 7 dari 7


KOMPONEN UMUM
1
2
3
4
5
15.  INISIATIF
·         Melaksanakan pekerjaan secara mandiri tanpa disupervisi
·         Bersedia membantu pekerjaan rekan kerja apabila telah selesai mengerjakan tugasnya.






4.    Dari hasil evaluasi dapat ditentukan apakah pegawai tersebut layak untuk diperpanjang kontrakya, diangkat menjadi pegawai tetap, atau diberhentikan dengan hormat
Unit terkait
Seluruh Unit terkait

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPO PROSES EVALUASI STAF"

Posting Komentar