PELAYANAN TUBERKULOSIS DENGAN STRATEGI DOTS DI RUMAH SAKIT

PELAYANAN TUBERKULOSIS DENGAN STRATEGI DOTS DI
RUMAH SAKIT

Tujuan Umum
Pedoman Manajerial Pelayanan Tuberculosis dengan Strategi DOTS di Rumah sakit disusun
dengan Tujuan agar dapat meningkatkan mutu pelayanan tuberculosis di Rumah Sakit
Tujuan Khusus
· Sebagai pedoman manajerial dalam program penanggulangan TB Di RS dengan
strategi DOTS
· Sebagai indicator mutu standard pelayanan rumah sakit (SPRS) dalam program
penanggulangan TB melalui akreditasi
· Sebagai salah satu alat ukur kinerja rumah sakit dalam dalam penanggulangan TB
melalui indicator standard pelayanan minimal RS
Setiap pelayanan TB dengan strategi DOTS bagi pasien TB harus berdasarkan standard
pelayanan yang telah ditetapkan oleh Program Penanggulangan Tuberkulosis Nasional
Setiap pelayanan TB harus berdasarkan International Standard for Tuberculosis (ISTC) atau
standard diagnosis, pengobatan dan Tanggung Jawab Kesehatan Masyarakat.
Selama lebih dari satu dekade Strategi DOTS merupakan elemen yang sangat penting
untuk pengendalian TB. Strategi ini terdiri dari 5 komponen :
1. Peningkatan Komitmen Politis dengan ada Rencana Jangka Panjang Penanggulangan
TB yang didukung oleh penganggaran yang tetap dan memadai sesuai dengan target
World Health Assembly 2005 dan Millenium Development Goals 2015.
2. Penegakkan diagnosis dengan mikroskopis dahak dan serta penguatan jejaring
Laboratorium mikroskopis TB
3. Pengobatan TB standar dengan PMO (Pengawas Menelan Obat) dalam upaya
mengurangi risiko terjadinya MDR dan peningkatan kesembuhan penderita.
4. Jaminan ketersediaan dan sistim pengelolaan OAT yang efektif.
5. Sistim Pencatatan dan Pelaporan baku untuk TB

Langkah-langkah untuk mulai mengimplementasikan DOTS di rumah sakit antara lain
yaitu :
• Melakukan penilaian dan analisis situasi, apakah rumah sakit telah bersedia untuk
melaksanakan program DOTS
• Mendapatkan komitmen yang kuat terutama dari manajemen dan dokter spesialis yang
akan melaksanakan DOTS
• Penyusunan nota kesepahaman ( Memorandum of Understanding ) antara Dinas
Kesehatan setempat dengan manajemen rumah sakit
• Menyiapkan tenaga pelaksana DOTS antara lain dokter, perawat, petugas laboratoium,
petugas farmasi, petugas pencatatan dan pelaporan, dan lain-lain
• Membentuk tim DOTS di rumah sakit. Tim tersebut akan melakukan koordinasi
kegiatan internal linkage atau external linkage
• Menyediakan tempat untuk unit DOTS di dalam rumah sakit. Tempat ini menjadi pusat
kegiatan pelayanan pasien TB di rumah sakit
• Menyediakan tempat / rak penyimpanan paket-paket OAT di ruang DOTS.
• Menyiapkan laboratorium untuk pemeriksaan mikrobiologis dahak sesuai standar.
• Menggunakan format pencatatan sesuai dengan program tuberkulosis nasional
Contoh kegiatan jejaring eksternal antara rumah sakit dengan puskemas :
• Pasien tidak datang untuk periksa ulang/mengambil obat pada tanggal yang telah
ditentukan.
• Bila keadaan ini masih berlanjut hingga lewat 2 hari dari tanggal yang ditentukan,
maka petugas di unit DOTS RS harus segera melakukan tindakan di bawah ini :
1. Menghubungi pasien langsung/PMO agar segera kembali berobat
2. Petugas di Tim DOTS RS menginformasikan ke Wasor Kabupaten/Kota atau langsung
ke puskesmas tentang ada pasien yang tidak kontrol, dengan memberitahukan
identitas dan alamat lengkap untuk segera dilakukan pelacakan.


Hasil dari pelacakan yang dilakukan oleh petugas puskesmas segera
iinformasikan kepada rumah sakit . Bila proses ini menemui hambatan, harus diberitahukan
ke Ketua Tim DOTS rumah sakit.
TIM DOTS
• Pimpinan RS membentuk tim DOTS sebagai wadah khusus dalam pengelolaan pasien
TB di RS
• Pembentukan Tim DOTS di RS bersifat fungsional ditetapkan melalui surat keputusan
direktur RS
• Tim DOTS di RS berada dibawah koordinasi Manajer Pelayanan Medik
Ketua Tim DOTS Rumah Sakit
Adalah seorang dokter spesialis paru, atau penyakit dalam atau dokter umum yang
bersertifikat Pelatihan Pelayanan Tuberkulosis dengan Strategi DOTS di Rumah Sakit (PPTS
DOTS)
Fasilitas dan Peralatan
1. Tersedia ruangan khusus pelayanan TB (Unit DOTS) yang berfungsi sebagai pusat
pelayanan TB Di RS meliputi kegiatan diagnostic, pengobatan, pencatatan, dan
pelaporan seta menjadi jejaring internal/eksternal DOTS
2. Ruangan tersebut memenuhi persyaratan Pencegahan dan pengendalian Infeksi (PPI-
TB) di Rumah Sakit
3. Tersedia peralatan untuk melakukan pelayanan medis TB
4. Tersedia ruangan Laboratorium yang mampu melakukan pemeriksaan mikroskopik
dahak.
KEBIJAKAN DAN PROSEDUR
1. Kebijakan/ ketentuan/ pedoman dan prosedur tertulis yang harus menjadi acuan
pokokbagi semua staf medic dalam melaksanakan tugas sehari-hari
2. Kebijakan/ ketentuan/ pedoman dan prosedur tentang jejaring internal dan eksternal
dalam pelayanan pasien


3. Kebijakan/ ketentuan/ pedoman dan prosedur tentang pelayanan pasien TB bagi orang
miskin
4. Kebijakan/ ketentuan/ pedoman dan prosedur tentang OAT, Ketersediaan obat
5. Kebijakan/ ketentuan/ pedoman dan prosedur pasien TB di Rawat Jalan
6. Kebijakan/ ketentuan/ pedoman dan prosedur pasien TB di Rawat inap
7. Kebijakan/ ketentuan/ pedoman dan prosedur pasien TB di Unit Gawat Darurat
8. Kebijakan/ ketentuan/ pedoman dan prosedur tentang pengelolaan pasien dengan
MDR, HIV
9. Kebijakan/ ketentuan/ pedoman dan prosedur tentang rujukan pasien
10. Kebijakan bahwa staf medic membantu pimpinan RS salam perencanaan,
penggunaan, dan pemeliharaan persediaan fasilitas dan pelayanan medis
11. Kebijakan dan prosedur mekanisme untuk mengawasi, memonitor dan mengevaluasi
penerapan standard pelayanan TB di RS
12. Kebijakan dan Prosedur mekanisme untuk menentukan standard pelayanan minimal,
atau indicator keberhasilan pelayanan TB di RS (Angka pemeriksaan mikroskopik
dahak, menurunnya angka drop out, angka kesalahan baca Laboratorium, angka
konversi, angka keberhasilan rujukan dsb
13. Kebijakan dan Prosedur tentang pemenuhan standard pencegahan san pengendalian
infeksi TB di RS (Standard manjerial, administrasi, lingkungan, dan alat pelindung
diri)
Program DOTS Di Rumah Sakit
Pada setiap tanggal 24 Maret, seluruh dunia memperingati World TB Day atau Hari TB
Sedunia sebagai penghormatan kepada ilmuwan Jerman, Robert Koch yang pada 24 Maret
1882, mempresentasikan penemuan Mycobacterium Tuberculosis (M.tb), penyebab penyakit
tuberkulosis (TB). Tahun ini tema peringatan hari TB sedunia oleh WHO adalah TB
Anywhere is TB Everywhere. Mengingat penyakit TB merupakan masalah yang tidak dapat
diselesaikan oleh jajaran kesehatan sendiri, tetapi bersama seluruh komponen masyarakat
maka Indonesia menetapkan tema “Siapa dan Dimana Saja Peduli TB“. Maksud dipilihnya
tema tersebut adalah sebagai momentum untuk mengingatkan sekaligus mengajak kita
bersama-sama melakukan aksi atau tindakan nyata dalam penanggulangan TB di Indonesia

Penyakit TB adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman M.tb
Sebagian besar kuman M.tb menyerang paru, tetapi dapat juga mengenai organ tubuh
lainnya. Menurut WHO sekitar 8 juta penduduk dunia diserang TB dengan angka kematian
mencapai 3 juta orang per tahun. Di negara berkembang, kematian ini merupakan 25% dari
kematian penyakit yang sebenarnya dapat dicegah. Diperkirakan 95% penderita TB berada di
negara-negara berkembang. Dengan munculnya epidemi HIV/AIDS, jumlah penderita TB
akan meningkat. Kematian perempuan karena TB lebih banyak daripada kematian karena
kehamilan, persalinan serta nifas. WHO mencanangkan keadaan darurat global (global
emergency) untuk penyakit TB pada tahun 1993 karena diperkirakan sepertiga penduduk
dunia telah terinfeksi oleh kuman TB.
Di Indonesia, TB merupakan penyebab kematian utama setelah penyakit jantung dan
saluran napas. Penyakit TB paru masih menjadi masalah kesehatan masyarakat. Hasil survei
kesehatan rumah tangga (SKRT) tahun 1995 menunjukkan bahwa tuberkulosis merupakan
penyebab kematian nomor 3 setelah penyakit kardiovaskuler dan penyakit saluran napas pada
semua golongan usia dan nomor 1 dari golongan penyakit infeksi. Antara tahun 1979-1982
telah dilakukan survei prevalensi di 15 propinsi dengan hasil 200-400 penderita setiap
100.000 penduduk. Diperkirakan setiap tahun ada 450.000 kasus baru TB, sekitar 1/3
penderita berobat di puskesmas, 1/3 di pelayanan rumah sakit/klinik pemerintah atau swasta,
praktek swasta dan sisanya belum terjangkau unit pelayanan kesehatan.
Risiko Penularan
Risiko penularan setiap tahun (Annual Risk of Tuberculosis Infection = ARTI) di
Indonesia dianggap cukup tinggi bervariasi antara 1-2 %. Pada daerah dengan ARTI sebesar
1%, berarti setiap tahun diantara 1000 penduduk, 10 (sepuluh) orang akan terinfeksi.
Sebagian besar dari orang yang terinfeksi tidak akan menjadi penderita TB, hanya 10% dari
yang terinfeksi yang akan menjadi penderita TB (TB klinis). Dari keterangan tersebut di atas,
dapat diperkirakan bahwa di daerah dengan ARTI 1 %, maka diantara 100.000 penduduk
rata-rata terjadi 100 (seratus) penderita tuberkulosis setiap tahun, dan 50 % penderita adalah
BTA positif.
Faktor yang mempengaruhi kemungkinan seseorang menjadi penderita TB adalah daya
tahan tubuh yang rendah; diantaranya karena keadaan yang gizi buruk, diabetes melitus atau
menderita infeksi virus HIV/AIDS. Infeksi HIV mengakibatkan kerusakan luas sistem daya
tahan tubuh seluler (Cellular Immunity), sehingga jika terjadi infeksi oportunistik seperti
tuberkulosis, maka yang bersangkutan akan menjadi sakit parah bahkan mengakibatkan


kematian. Bila jumlah orang yang terinfeksi HIV meningkat, maka angka jumlah penderita
dan penularan TB di masyarakat akan meningkat pula.
Tantangan TB di Indonesia
TB ditularkan melalui percikan dahak penderita ketika batuk, bersin, berbicara atau
meludah. Seorang penderita TB dengan status BTA positif dapat menularkan kepada 10-15
orang setiap tahunnya. Beban TB di Indonesia masih sangat tinggi, khususnya mengenai
angka penemuan kasus dan kesembuhan
Total pasien baru (kasus TB BTA positif maupun negatif) di Indonesia lebih dari 600.000
orang per tahun. Terdapat perbedaan besar angka penyakit TB di wilayah Sumatera, Jawa-
Bali, dan kawasan Timur Indonesia
Insidens kasus BTA positif (menular) tahun 2005 diperkirakan 107 kasus baru/100.000
penduduk (246.000 kasus baru setiap tahun)
TB adalah pembunuh nomor satu diantara penyakit menular dan merupakan peringkat
ketiga dalam daftar sepuluh penyakit tertinggi di Indonesia yang menyebabkan sekitar
100.000 kematian setiap tahunnya atau dalam sehari terjadi 300 kematian karena TB
Sebagian besar penderita TB usia produktif (15-55 tahun)
Kolaborasi intervensi TB-HIV : HIV meningkatkan kejadian TB dan angka kematian di
wilayah dengan prevalensi HIV tinggi (11-50 % pasien HIV/AIDS meninggal karena TB).
Indonesia mempunyai epidemi HIV yang terkonsentrasi. Prevalensi pada orang dewasa
(15-49 tahun) diperkirakan <0,2% dengan kejadian terbesar di Prov. Bali, Jawa Timur, Papua,
Riau, Jakarta dan Jawa Barat. Wilayah dengan risiko tinggi HIV perlu mendapat prioritas
pelaksanaan program TB.
Surveilans kekebalan obat TB belum dilaksanakan di Indonesia. Survei-survei terbatas
yang dilakukan di Jakarta menemukan ada kasus kekebalan obat TB pada lebih dari 4%
kasus-kasus yang tidak diobati sebelumnya. Suatu survei yang representative diperlukan
untuk mengetahui situasi di Indonesia (perkiraan Nasional dari WHO adalah 1,6%).
Terdapat kelompok populasi khusus yang rentan terhadap TB yaitu perempuan, anak,
manula dan orang-orang dengan risiko penularan tinggi seperti para narapidana dan kaum
pengungsi.
Pemberantasan TB Dengan Strategi DOTS

Pemberantasan TB sebenarnya telah dimulai sejak lama tetapi hasilnya belum
menggembirakan. Sebelum ada strategi DOTS (Directly Observe Treatment Shortcourse)
cakupan program sebesar 56% dengan angka kesembuhan yang dapat dicapai hanya 40-60%.
Karena pengobatan yang tidak teratur dan kombinasi obat yang tidak cukup di masa lalu,
kemungkinan telah timbul kekebalan kuman TB atau multi drug resistance (MDR) terhadap
Obat Anti Tuberkulosis (OAT) secara meluas.
TB merupakan penyakit yang dapat disembuhkan. Penderita TB dapat sembuh bila
melakukan pengobatan dengan OAT secara lengkap dan teratur selama 6-8 bulan. Di
Indonesia, Program Pengendalian TB disesuaikan dengan Strategi Stop TB Global, diarahkan
dalam upaya mencapai Target Global TB 2005 dan Tujuan Pembangunan Milenium 2015.
Strategi Pengendalian TB mencakup penerapan Strategi DOTS, pengelolaan kasus TB yang
kebal terhadap obat anti TB (MDR/multi drug resistance), koinfeksi TB - HIV, memperkuat
sistem pelayanan kesehatan, keterlibatan semua penyedia layanan kesehatan serta
meningkatkan kegiatan penelitian.
Menurut Bank Dunia strategi DOTS merupakan strategi kesehatan yang paling cost
effective. Pengalaman di berbagai negara menunjukkan hal tersebut. Di Bangladesh dengan
strategi DOTS, angka kesembuhan pasien TB mampu mencapai sekitar 80%, di Maldives
sekitar 85 % , di Nepal mencapai 85 % sedangkan di RRC mencapai 90 %.
Di Indonesia, strategi DOTS pertama kali dilakukan uji coba pada tahun 1995 dan
kemudian diimplementasikan secara luas dalam sistim pelayanan kesehatan dasar. Fokus saat
ini adalah meningkatkan cakupan DOTS ke seluruh penyedia pelayanan kesehatan di
Indonesia disertai peningkatan mutu pelayanan. Langkah awal dengan memperkuat jejaring
puskesmas, lalu strategi inovasi lainnya seperti perencanan spesifik daerah dalam upaya
menjangkau populasi yang sulit mendapatkan akses pelayanan (akibat sosial ekonomi
maupun geografis), keterlibatan RS (Hospital DOTS Lingkage), TB pada anak, TB di rumah
tahanan/lembaga pemasyarakatan, penanganan kasus resisten serta penanganan koinfeksi TB-
HIV.
Penemuan kasus TB di Indonesia (CDR=Case Detection Rate) pada tahun 2005 adalah
68%, telah mendekati target global untuk penemuan kasus pada tahun 2005 sebesar 70% dan
target 2007 menjadi 74%. Sedangkan angka keberhasilan pengobatan (Success Rate = SR)
mencapai 89,7% melebihi target WHO sebesar 85%. Hasil tersebut merupakan kerja keras
dari berbagai pihak di Indonesia dengan dukungan donor internasional yang meningkat
seperti GF ATM, USAID (TBCTA), CIDA, DFID dan lain-lain serta bantuan teknis dari para
mitra Stop TB khususnya WHO dan KNCV.
Pada kenyataannya masih dijumpai berbagai masalah di lapangan. Program DOTS
yang dulu dititik-beratkan di puskesmas harus diperluas ke rumah sakit dan dokter praktik

swasta. Hal ini disebabkan karena pasien TB bukan hanya datang ke puskesmas, melainkan
banyak juga ke rumah sakit, dokter praktik swasta serta klinik swasta.
Secara umum memang perlu dilakukan akselerasi DOTS di Indonesia agar program lebih
cepat mencapai target.
DOTS di Rumah Sakit (Hospital DOTS)
Berdasarkan hasil penelitian oleh Departemen Kesehatan, 49 % pasien TB di Jawa,
44% pasien TB di Sumatra dan 31% pasien TB di Kawasan Timur Indonesia datang berobat
pertama kali ke rumah sakit. Hal tersebut menunjukkan bahwa peluang rumah sakit sangat
penting dalam pemberantasan TB, antara lain dalam meningkatkan CDR (Case Detection
Rate) dan CR (Cure Rate). Rumah sakit mempunyai beberapa kelebihan antara lain
mempunyai cukup tenaga ahli, peralatan diagnostik dan terapeutik yang cukup lengkap,
jumlah pasien banyak, dan lain-lain, tetapi juga mempunyai kelemahan antara lain rumah
sakit tidak mempunyai tenaga cukup, sehingga bila ada pasien yang tidak kontrol pada
waktunya tidak dapat dilakukan kunjungan rumah.
Penyakit TB dapat menyerang berbagai organ tubuh manusia sehingga pasien TB di
rumah sakit dapat datang ke berbagai spesialis di rumah sakit, oleh karena itu untuk
mengkoordinasikan pelayanan TB di rumah sakit perlu dibentuk Tim DOTS Rumah Sakit.
Tim tersebut bertugas untuk mengkoordinasikan kegiatan di rumah sakit melalui jejaring
internal (internal linkage) rumah sakit maupun koordinasi kegiatan di luar rumah sakit
melalui jejaring eksternal (external loinkage). Jejaring eksternal perlu dilakukan untuk
koordinasi kegiatan dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas, Dokter Praktek Swasta, dan lain-
lain.
Kesimpulan
Sampai saat ini DOTS adalah strategi yang paling baik untuk memberantas TB.
DOTS harus diimplementasikan di semua sektor layanan kesehatan antara lain puskesmas,
klinik paru, dokter praktek swasta dan rumah sakit

Tim DOTS Rumah Sakit harus dibentuk untuk mengkoordinasikan kegiatan jejaring
internal (internal linkage) dan jejaring eksternal (external linkage)
Dengan ada program DOTS di rumah sakit, angka CDRdan CR diharapkan meningkat.
Sasaran SMDGs.III.
Rumah sakit melaksanakan penanggulangan TB sesuai dengan pedoman strategi DOTS.
Maksud dan Tujuan SMDGs.III.
Pada tahun 1993, WHO telah menyatakan bahwa TB merupakan keadaan darurat dan pada
tahun 1995 merekomendasikan strategi DOTS sebagai salah satu langkah yang paling efektif
dan efisien dalam penanggulangan TB.
Intervensi dengan strategi DOTS kedalam pelayanan kesehatan dasar (Puskesmas) telah
dilakukan sejak tahun 1995. DOTS atau Directly Observe Therapy of Shortcourse merupakan
pengamatan jangka pendek pelayanan secara langsung pada penderita TB. Pelaksanaan
DOTS di rumah sakit mempunyai daya ungkit dalam penemuan kasus (care detection rate,
CDR), angka keberhasilan pengobatan (cure rate), dan angka keberhasilan rujukan (success
referal rate).
TB DOTS merupakan salah satu indikator mutu penerapan standar pelayanan rumah sakit
(SPRS). Untuk melaksanakan program penanggulangan TB diperlukan Pedoman Manajerial
dalam program penanggulangan TB di rumah sakit dengan strategi DOTS.
Daftar Pustaka
1. Iseman MD. Tempus Fugit: TB and the 20th century. Int J Tuberc Lung Dis 2000;4
(1) : 1

2. Badan Penelitian & Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI. Survei
Prevalensi Tuberkulosis 2004. Jakarta : 2005 , 45
3. Dye C. Tuberculosis 2000-2010: control, but not elimination. Int J Tuberc Lung Dis
2000;4(12): S146-52
4. Pilheu JA. Tuberculosis 2000 : problems and solutions. Int J Tuberc Lung Dis
1998;2(9): 696 – 703
5. WHO. WHO Report 2006 – Global Tuberculosis Control. Geneve:WHO, 2006 : 8-11
6. WHO. WHO Report 2004 – Global Tuberculosis Control. Geneve:WHO, 2004 : 2-4
7. Http//www.pdpersi.co.id/?show_detailnews&kode=897&tbl=kesling
8. Http//www.minergynews.com/activity/dots.shtml
9. Http//www.update.tbcindonesia.or.id/module/articlephp?articleid=115
Mukhtar Ikhsan
Dep. Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI
SMF Paru RS Persahabatan Jakarta

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "PELAYANAN TUBERKULOSIS DENGAN STRATEGI DOTS DI RUMAH SAKIT"

  1. Nama ..... jayachandra fadhlan
    Negara .... indonesia
    W / S ......... + 62 821-3272-6591
    email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

    Nama saya jayachandra fadhlan,
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih dengan hasil hasil jerih payah Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Saat saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSOTIK. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang disetujui pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka menyelesaikan meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya memperbolehkan, dan memungkinkan ini membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa Jaminan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya perlu semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Terima kasih lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan sejahtera.

    Perusahaan ..... karina roland perusahaan pinjaman
    W / S ...... + 1 (585) -708-3478
    email ...... (karinarolandloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  2. Salam semuanya !!!
    Saya menyambut Anda semua hingga tahun 2020. Nama saya ERLINA TUTY SARTIKA, Am dari Bandung di Indonesia. Saya harap Anda semua berhati-hati di internet. Saya akan menyarankan Anda untuk tidak mengajukan pinjaman di internet tanpa sepengetahuan Perusahaan pinjaman karena tidak semuanya nyata, kebanyakan dari mereka adalah penipuan, mereka akan meminta Anda untuk mengirim uang untuk pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan Anda tetap tidak akan mendapatkan pinjaman Anda, mereka semua adalah pencuri. Saya telah menjadi korban di pemberi pinjaman yang berbeda dan Saya mengirim sejumlah besar uang karena saya benar-benar ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercaya sebagai yang pertama kali, tetapi saya tidak bisa mendapatkan pinjaman dari mereka. Anda harus sangat berhati-hati agar Anda tidak ditipu seperti saya, jika Anda benar-benar ingin mendaftar di internet, hanya ada satu kreditor kredit yang sangat saya percayai karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya tertipu, saya sangat kesakitan karena saya punya banyak hutang untuk dibayar, jadi sobat di kantor membantu saya menemukan perusahaan pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukan l baru ender REBECCA ALMA LOAN COMPANY, dan kami melakukan dokumentasi yang diperlukan dengan perusahaan, jadi teman saya membantu saya untuk mengikuti semua peraturan dan peraturan hanya untuk memastikan mereka nyata dan bagi Tuhan untuk kemuliaan saya mendapat pinjaman dari perusahaan sekitar720 juta Rupiah. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda harus menghubungi Bunda REBECCA ALMA dan mengikuti peraturan dan ketentuan atau syarat dan ketentuan dan saya jamin bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau kesulitan. Saya juga mendapatkan pinjaman saya dengan hanya tingkat bunga 2%. Anda dapat menghubungi ibu yang baik melalui alamat email ini: rebaccaalmaloancompany@gmail.com. Anda juga dapat WhatsApp ibu Rebecca Alma di nomor ini: +1405259662

    Silakan Anda masih dapat menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut. Saya akan menjelaskan erlinatutysartika15@gmail.com

    Semoga Allah senantiasa menyertai Anda semua. Semoga yang terbaik bagi Anda

    BalasHapus
  3. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  4. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  5. Saya menandai webster dengan nama saya seorang petugas polisi dan saya tinggal di tenggara kentucky di A.S., Beberapa hari yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya hanya menemukan orang-orang menipu saya dengan uang saya. Saya benar-benar membutuhkan pinjaman ini untuk sebuah proyek di Kolombia dan saya telah ditipu beberapa kali suatu hari ketika saya tidak bertugas, saya memutuskan untuk melihat lagi kali ini untuk perusahaan sejati yang memberikan pinjaman. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY dan banyak lagi orang-orang telah bersaksi tentang perusahaan ini pada awalnya saya tidak percaya tetapi saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman yang saya cari adalah sejumlah $ 6.000.000,00 yang saya ajukan dari perusahaan ini dan mereka memberi tahu saya semua yang perlu dilakukan saya mempercayai mereka dan saya melakukan apa mereka menyuruh saya melakukannya dan mereka meyakinkan saya bahwa dalam waktu 7 jam saya akan mendapatkan pinjaman saya dengan aman, saya tidak pernah mempercayai mereka tetapi saya menunggu pinjaman saya tepat waktu 7 jam saya mendapat telepon dari perusahaan bahwa jika saya telah menerimanya pinjaman saya belum dan saya berkata Tidak. Mereka mengatakan kepada saya untuk pergi ke bank saya dan memeriksa rekening saya bahwa bank saya mungkin tidak mengirimi saya peringatan, saya patuhi dan saya pergi ke bank saya dan memeriksa rekening saya dengan terkejut ketika sampai di sana saya melihat pinjaman $ 6,000,000.00 di akun saya uang yang saya miliki di akun saya sebelumnya ore adalah $ 1,000,000.00 dan sekarang saya menemukan $ 7,000,000.00 sebagai pulsa uang saya dan pinjaman saya adalah $ 7,000,000.00 saya sangat senang dan saya berterima kasih kepada perusahaan ini karena mereka hebat. Saya ingin menggunakan sedikit waktu saya untuk menulis kepada orang-orang di Amerika Serikat dan orang-orang di seluruh dunia bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman nyata, karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk melamar dari perusahaan ini tidak tahu saya melakukan ini jadi jika ada yang membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi saya melalui mail markwebster023@gmail.com atau menghubungi perusahaan melalui alamat surat karinarolandloancompany@gmail.com, salam +1585 708-3478 salam.

    BalasHapus